Persepsi dan Keinginan Siswa Tentang Iklim Sekolah di SMA Negeri 7 Padang dan SMA Negeri 8 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.158Keywords:
Persepsi, Keinginan, Siswa, Iklim SekolahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi penulis yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Padang dan di SMA Negeri 8 Padang yang menunjukkan bahwa belum kondusifnya iklim sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai persepsi (Actual) dan keinginan siswa (Preferred) terhadap iklim sekolah berdasarkan aspek: 1) Dukungan kepada peserta didik, 2) Afiliasi, 3) Partisipasi Siswa, 4) Kepercayaan, 5) Inovasi, 6) Aturan dan norma, 7) Kelengkapan sumber, 8) Kenyamanan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 1242 siswa dengan sampel sebanyak 111 siswa yang diambil menggunakan metode Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket dalam bentuk skala likert yang sudah di uji cobakan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian persepsi siswa (Actual) di SMA Negeri 7 Padang yang dilihat dari aspek dukungan kepada peserta didik, afiliasi, partisipasi siswa, kepercayaan, inovasi, aturan dan norma, kelengkapan sumber serta kenyamanan lingkungan tergolong kondusif dengan skor rata-rata persepsi siswa 4,3 sedangkan keinginan siswa (Preferred) 4,6; di samping itu, persepsi siswa (Actual) di SMA Negeri 8 Padang juga tergolong kondusif dengan skor rata-rata 43 dan skor keinginan siswa (Preferred) sebesar 44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Anisa Putri, Hadiyanto Hadiyanto, Irsyad Irsyad, Hanif Alkadri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.