Persepsi Siswa Tentang Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang

Authors

  • Emilia Janata Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Hadiyanto Universitas Negeri Padang
  • Ermita Ermita Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.156

Keywords:

Persepsi siswa, kelengkapan, fasilitas, perpustakaan, SMKN 3 Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang, yaitu kelengkapan fasilitas perpustakaan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan fasilitas perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang dalam indikator koleksi perpustakaan, gedung dan ruangan perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, serta layanan perpustakaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Seberapa lengkap fasilitas perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang menurut persepsi siswa”.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Hasil pengolahan data kelengkapan koleksi perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.99 (kategori lengkap). Kelengkapan gedung dan ruangan perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.90 (kategori memuaskan). Kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.92 (kategori lengkap). Kelengkapan layanan perpustakaan memperoleh skor rata-rata 3.07 (kategori memuaskan). Dapat disimpulkan bahwa kelengkapan fasilitas di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang ini berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3.07. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar kelengkapan fasilitas perpustakaan di SMK Negeri 3 Padang dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi sehingga perpustakaan menjadi tempat yang nyaman bagi siswa di sekolah.

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Janata, E., Hadiyanto, H., Ermita, E., & Santoso, Y. . (2024). Persepsi Siswa Tentang Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Jurnal Family Education, 4(1), 41-48. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.156