Persepsi Siswa Tentang Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.156Keywords:
Persepsi siswa, kelengkapan, fasilitas, perpustakaan, SMKN 3 PadangAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang, yaitu kelengkapan fasilitas perpustakaan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan fasilitas perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang dalam indikator koleksi perpustakaan, gedung dan ruangan perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, serta layanan perpustakaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Seberapa lengkap fasilitas perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang menurut persepsi siswa”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Hasil pengolahan data kelengkapan koleksi perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.99 (kategori lengkap). Kelengkapan gedung dan ruangan perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.90 (kategori memuaskan). Kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.92 (kategori lengkap). Kelengkapan layanan perpustakaan memperoleh skor rata-rata 3.07 (kategori memuaskan). Dapat disimpulkan bahwa kelengkapan fasilitas di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang ini berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3.07. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar kelengkapan fasilitas perpustakaan di SMK Negeri 3 Padang dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi sehingga perpustakaan menjadi tempat yang nyaman bagi siswa di sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emilia Janata, Hadiyanto Hadiyanto, Ermita Ermita, Yulianto Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.