Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.154Keywords:
Persepsi Siswa, Kedisiplinan GuruAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Dari pengamatan yang dilakukan tampak masih adanya guru yang memiliki kedisiplinan kurang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai seberapa tinggi kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman menurut persepsi siswa yang dilihat dari aspek: 1) tanggung jawab melaksanakan tugas 2) ketepatan waktu mengajar, 3) semangat mengajar, 4) kepatuhan terhadap peraturan, 5) kreativitas mengajar. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Seberapa tinggi kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman menurut persepsi siswa”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu 689 siswa. Besarnya sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 91 orang siswa.. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner dengan model skala likert. Hasil pengolahan data kedisiplinan guru dalam tanggung jawab melaksanakan tugas memperoleh skor rata-rata 3,70 (kategori tinggi). Kedisiplinan guru dalam ketepatan waktu mengajar memperoleh skor rata-rata 3,58 (kategori cukup tinggi), Kedisiplinan guru dalam semangat mengajar memperoleh skor rata-rata 3,65 (kategori tinggi). Kedisiplinan guru dalam kepatuhan terhadap peraturan memperoleh skor rata-rata 3,63 (kategori tinggi). Kedisplinan guru dalam kreativitas mengajar memperoleh skor rata-rata 3,53 (kategori cukup tinggi).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arzety Yohana, Hadiyanto Hadiyanto, Ermita Ermita, Lusi Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.