Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Pertiwi 1 Padang

Authors

  • Indah Ramadhani Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.153

Keywords:

Model Pembelajaran Snowball Throwing , Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran sejarah Indonesia. Berdasarkan hasil observasi awal, melalui wawancara kepada siswa dan juga guru mata pelajaran, diketahui penyebab rendahnya hasil belajar siswa karena kurang menariknya model pembelajaran. Pembelajaran sejarah memiliki peran yang sangat penting karena menyangkut pertumbuhan dan perkembangan karakteristik bangsa serta pembinaan integrasi yang menyangkut nasionalisme dan patriotisme.Dengan demikian guru-guru perlu menggunakan model pembelajaran yang lebih baik agar dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif  dalam meningkatkan hasil belajar.Tujuan penelitian yaknimengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 58 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 4 sebanyak 28 siswa. Data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa Pretest dan Posttest. Teknik analisis data memakai uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,5. Pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan pngetahuan N-Gain sebesar 0,7194 berada pada kategori tinggi. Dari hasil analisis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 74,4. Pada kelas kontrol diperoleh peningkatan pengetahuan N-Gain sebesar 0,5521 berada pada kategori sedang. Dan dari uji hipotesis (uji t) yang dilakukan , diperoleh hasil thitung sebesar 4,3872 dan ttabel sebesar 1,6725, sehingga nilai thitung lebih besar dan ttabel, maka H0 diterima artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Pertiwi 1 Padang.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Ramadhani, I., & Hastuti, H. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Pertiwi 1 Padang. Jurnal Family Education, 4(1), 8-15. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.153