Variasi Media Pembelajaran dalam Pengembangan Seni Rupa Anak pada Sentra Seni Kreativitas Di Taman Kanak- Kanak Pertiwi 1 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v3i4.139Keywords:
variasi media, seni rupaAbstract
Media pembelajaran yang bervariasi dalam pengembangan seni rupa anak di sentra-sentra seni kreatif, yang bertujuan untuk menarik minat dan mencegah terjadinya kemonotonan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui variasi media pembelajaran dalam pengembangan seni rupa dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang paling efektif untuk mencapai tujuan instruksional dan memastikan antusiasme dan keterlibatan anak dalam memulai dan melaksanakan kegiatan melibatkan pemanfaatan media pembelajaran yang beragam selama proses pengajaran. Guru harus menunjukkan kemampuan untuk menggunakan berbagai media pembelajaran dalam konteks pusat seni kreatif, sehingga menumbuhkan lingkungan belajar yang positif dan penuh perhatian. Penggabungan media pembelajaran yang beragam sangat penting karena seni visual mencakup kreasi seniman yang dapat diapresiasi dan digunakan oleh orang lain melalui banyak media. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi
References
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta :
PT RajaGrafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan
Teoritis Psikologis. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Jalinus, Nizwardi dan Abiyar (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Madyawati, Lilis.2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media
Group.
Masnipal. 2018. Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santrock, John W. 2011. Perkembangan Anak, Edisi 11. Jakarta : Salemba Humanika.
Salam, Sofyan, dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makasar : UNM
Susanti, Marlin Dwi. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Anak Belajar
Anak TK. Vol. IV, No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12358/8928
Susanto, Ahmad. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : PT Bumi
Aksara.
Suyadi. Ulfah, Maulidya. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja RosdaKarya.
Qatrunnada.2020. Kajian Seni Rupa dalam Landasan Ilmu Ontologi. Jurnal Sangkareang
Mataram.Vol.6,No.3.
https://www.sangkareang.org/index.php/SANGKAREANG/article/view/258/202
Yunisrul. 2020. Pembelajaran Seni Rupa di SD.yogyakarta : CV Budi Pertama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Takeshi Tiara Sozy, Sri Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.