Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Nadiva Khairul Nisa Universitas Negeri Padang
  • Syafril Syafril Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i2.107

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Interaktif, Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan multimedia interaktif pada proses belajar mengajar dikarenakan tidak adanya pembaharuan terhadap media bahkan untuk beberapa materi pembelajaran, media pembelajaran tidak tersedia. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada Pembelajaran Tematik Terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran oleh validator media 1 diperoleh  91% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil penilaian validator media 2 diperoleh 99% dengan kategori “Sangat Valid”. Dan penilaian oleh validator materi pada aspek kelayakan isi, penyajian, dan evaluasi diperoleh 93% dengan kategori “Sangat Valid” . Hasil uji praktikalitas kepada peserta didik terhadap multimedia interaktif dari aspek kemudahan penggunaan, materi, dan manfaat dapat dijelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh peserta didik diperoleh hasil 96% yang dikategorikan “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis canva pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Khairul Nisa, N., & Syafril, S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Family Education, 3(2), 146-153. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i2.107