Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v3i2.107Keywords:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Tematik TerpaduAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan multimedia interaktif pada proses belajar mengajar dikarenakan tidak adanya pembaharuan terhadap media bahkan untuk beberapa materi pembelajaran, media pembelajaran tidak tersedia. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada Pembelajaran Tematik Terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran oleh validator media 1 diperoleh 91% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil penilaian validator media 2 diperoleh 99% dengan kategori “Sangat Valid”. Dan penilaian oleh validator materi pada aspek kelayakan isi, penyajian, dan evaluasi diperoleh 93% dengan kategori “Sangat Valid” . Hasil uji praktikalitas kepada peserta didik terhadap multimedia interaktif dari aspek kemudahan penggunaan, materi, dan manfaat dapat dijelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh peserta didik diperoleh hasil 96% yang dikategorikan “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis canva pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadiva Khairul Nisa, Syafril Syafril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.