Hubungan Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Matematika Paket C PKBM Karang Putih Kota Padang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.103Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika dari warga belajar paket C PKBM Karang Putih Kota Padang. Hal ini diduga karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran daring sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika dari warga belajar paket C. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) melihat gambaran pemanfaatan media pembelajaran daring, 2) melihat gambaran hasil belajar matematika paket C PKBM Karang Putih Kota Padang, 3) melihat hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika paket C PKBM Karang Putih Kota Padang.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif jenis korelasional, dengan tujuan untuk mengungkapkan hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika paket C PKBM Karang Putih Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang, teknik dalam penarikan sampel memakai stratified random sampling dan didapatkan jumlahnya 32 orang. Dalam pengumpulan data menggunakan angket sebagai alat pengumpul data, teknik analisis data memakai rumus presentase dan untuk mengetahui korelasi memakai rumus produk moment.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) pemanfaatan media pembelajaran daring dikategorikan rendah dapat dilihat dari grafik presentase jawaban warga belajar dalam mengisi angket. 2) hasil belajar matematika paket C PKBM Karang Putih Kota Padang dikategorikan rendah dapat dilihat dari nilai matematika warga belajar. 3) terdapat hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika paket C PKBM Karang Putih Kota Padang. Diharapkan penelitian selanjutnya memberikan pembaharuan serta meneliti variabel baru sehingga memperlengkap dan memperbanyak variabel penelitian.
Kata Kunci: Pemanfaatan media Pembelajaran daring, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dini Anisya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.