Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Partisipasi Ibu Balita dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu

Authors

  • Felly Isvanda Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.277

Keywords:

Dukungan Sosial, Partisipasi Ibu Balita

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi dari rendahnya partisipasi ibu balita dalam kegiatan posyandu di Desa Tampat Durian, yang diakibatkan oleh minimnya dukungan sosial dari komunitas setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menggambarkan dukungan sosial bagi ibu balita dalam mengikuti posyandu di Desa Tampat Durian; 2) menggambarkan tingkat partisipasi ibu balita dalam posyandu di Desa Tampat Durian; dan 3) menganalisis hubungan antara dukungan sosial dan partisipasi ibu balita dalam kegiatan posyandu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah ibu-ibu yang memiliki balita di Desa Tampat Durian tahun 2023/2024. Teknik stratified random sampling digunakan untuk menentukan sampel, sehingga diperoleh 44 ibu balita dari Desa Tampat Durian. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan persentase serta rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dukungan sosial bagi ibu balita dalam mengikuti posyandu di Desa Tampat Durian tergolong rendah. 2) Partisipasi ibu balita dalam kegiatan posyandu di Desa Tampat Durian juga rendah. 3) Terdapat hubungan signifikan antara dukungan sosial dan partisipasi ibu balita dalam kegiatan posyandu.

References

Efendi, D., & Ismaniar, I. (2021). Correlation Between Interest With Participation Of Toddlers Mothers In The Activities Of The Posyandu. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(3), 438. Https://Doi.Org/10.24036/Spektrumpls.V9i3.113796

Hafifah, N., & Abidin, Z. (2020). Peran Posyandu dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 893–900. https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/31742

Irwan. (2017). Etika Dan Perilaku Kesehatan.

Katmini. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Keaktifan Kunjungan Ke Posyandu Pada Ibu Balita Di Desa Klampok Rejo Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 7(1), 13–18. Https://Ojs.Udb.Ac.Id/Index.Php/Infokes/Article/View/163

Maslihah, S. (2011). Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School. Psikologi Undip, 10(2), 103–114.

Mufarikhin, M. (2019). Tingkat Partisipasi Ibu Dalam Program Posyandu Dengan Status Gizi Anak Balita Di Desa Ketileng Singolelo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. In Estuarine, Coastal And Shelf Science (Vol. 2020, Issue 1)

Nadia, H., & Syur’aini, S. (2023). Description Of The Knowledge Of Toddler Mothers And Their Participation Following Activities Integrated Healthcare Center. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 202. Https://Doi.Org/10.24036/Spektrumpls.V11i2.118880

Rakhmidiani, I., Ibu, P., Tentang, B., Hasil, M., Pemberian, P., & Balita, M. (2012). Ima Rakhmidiani, 2013 Pendapat Ibu Balita Tentang Manfaat Hasil Penyuluhan Pemberian Makanan Balita Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu. 2008, 2012–2013.

Relica, C., & Mariyati. (2024). Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah Stikes Kendal. Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, 14(3), 75–82. Https://Journal2.Stikeskendal.Ac.Id/Index.Php/PSKM/Article/View/1979/1260

Saputri, M. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balita dalam kegiatan posyandu di kelurahan Kurao Pagang Wilayah kerja Puskesmas Nanggalo Tahun 2023. Journal Article, 13(4), 121–127

Sarafino, E. P. (2011). Health Psychology (Seventh Ed)

Solfema. (2021). Statistik Pendidikan “Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan Luar Sekolah” (1st Ed.). Kencana.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Isvanda, F., & Solfema, S. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Partisipasi Ibu Balita dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu. Jurnal Family Education, 4(4). https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.277