Hubungan Antara Interaksi Sosial Dalam Keluarga Dengan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Padang Manis Kecamatan Manna Bengkulu Selatan

Authors

  • Viola Apriliani Universitas Negeri Padang
  • Setiawati Setiawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.413

Keywords:

Interaksi sosial, keluarga, Kecerdasan Interpersonal, anak usia 5-6 tahun

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak usia dini yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tergolong rendah, hal ini diduga disebabkan oleh interaksi sosial dalam keluarga yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tentang interaksi sosial dalam keluarga, gambaran kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun, dan hubungan antara interaksi sosial dalam keluarga dengan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di Desa Padang Manis Kecamatan Manna Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu orang tua yang mempunyai anak usia 5-6 tahun di Desa Padang Manis Kecamatan Manna Bengkulu Selatan. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik area random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan urutan rangking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Interaksi sosial dalam keluarga rendah; 2). Kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di kategorikan rendah, dan; 3). Terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga dengan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di Desa Padang Manis Kecamatan Manna Bengkulu Selatan. Anak dalam penelitian ini adalah kepada semua pihak yang terkait khususnya keluarga dapat meningkatkan interaksi dalam keluarga.  

References

Arikunto, S., (2019). Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Belsky, J., & Fearon, R. M. P. (2020). The Process Of Parenting Revisisted. In S. K. Danby, M. Fleer, & M. U. Ødegaard (Eds.), The Cambrigde Handbook Of Play: Developmental and Cultural Perspectives (pp. 209-228). Cambrige University Press.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Mulriple Intelligences. Basic Books,

Ginting, N. A., Harun, & Nurmaniah (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dinii, 6(5), 4297-4308.

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke -5). Erlangga.

Musfiroh, T. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mead. H. G. (1934) Mind, Self, and Society: (C.W. Moriss, Ed.). Universitas of Chicago Press.

Nurfadilah, H., Rahman, T., & Sumardi. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bina Tunas Warga II Tirtawangunan. Agapedia.

Poloma, M.M. (2007). Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Rustandi, A. (2020). Kecerdasan Interpersonal dan Perkembangannya pada Anak. Dalam R. Nurdiani (Ed.), Kecerdasan Emosional dan Interpersonal dalam Pendidikan Anak, 23-24. Jakarta : Penerbit ABC.

Ramdani, C., Miftahudin, U. & Latif, A (2023). Peran keluarga dalam pendidikan karakter, Banun: Jurnal Pendidikan islam anak usia dini, 1(2), 12-20.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Santrock, J. W. (2025). Life-Span Development (edisi terbaru). McGraw-Hill Education.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Apriliani, V. ., & Setiawati, S. (2025). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dalam Keluarga Dengan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Padang Manis Kecamatan Manna Bengkulu Selatan . Jurnal Family Education, 5(3), 345-352. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.413