Hubungan Antara Pembinaan Moral Oleh Pengasuh Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.378Keywords:
Pembinaan Moral, Perilaku Sosial, Panti AsuhanAbstract
Perilaku sosial anak di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai di Gurun Laweh Kota Padang yang dikategorikan kurang baik menjadi dasar penelitian ini. Hal ini merupakan hasil dari para pembina panti asuhan yang memberikan pembinaan moral yang kurang baik kepada anak asuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial anak-anak di panti asuhan terkait dengan instruksi moral yang mereka terima dari pengasuh mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dan metodekuantitatif. Terdapat 93 partisipan dalam penelitian ini, dan 74 respon diperoleh dengan menggunakan pendekatan Cluster Random Sampling untuk mengambil sampel hingga 80% dari populasi. Angketyang telah melalui uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengumpulkan data. kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan moral anak masuk dalam kategori kurang baik di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang; (2) perilaku sosial anak masuk dalam kategori yang sama yaitu kurang baik; dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pembinaan moral pengasuh dengan perilaku sosial anak Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang.
References
Sunarti, V. (2020). Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2)
Setiawati, S., & Syuraini, S. (2018). Penguatan Peran Ibu-Ibu dalam Rumah Tangga melalui Pelatihan Pendidikan Karakter dan Keterampilan Mengolah Makanan Jajanan Berbahan Dasar Lokal. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 119–123. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.15
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Wadu, L. B., & Jaisa, Y. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131-139.
Widyaningsih, T. S., Zamroni & Zuchdi, D. 2014. “Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SMP dalamPerspektifFenomenologis”.Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No. 2, hlm. 181- 195.
Warsah, I., Daheri, M., Morganna, R., Putri, O. A., & Adelia, P. (2023). Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia. Journal of Population and Social Studies, 31, 571–586. https://doi.org/10.25133/JPSSv312023.032
Yelvi, M., & Setiawati, S. (2024). Hubungan Antara Interaksi Sosial Tutor dan Perilaku Sosial Siswa Program Paket B dalam Pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS).12(1), 6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Misfar, Wirdatul ‘Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.