Hubungan Antara Pembinaan Moral Oleh Pengasuh Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang

Authors

  • Misfar Misfar Universitas Negeri Padang
  • Wirdatul Aini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.378

Keywords:

Pembinaan Moral, Perilaku Sosial, Panti Asuhan

Abstract

Perilaku sosial anak di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai di Gurun Laweh Kota Padang yang dikategorikan kurang baik menjadi dasar penelitian ini. Hal ini merupakan hasil dari para pembina panti asuhan yang memberikan pembinaan moral yang kurang baik kepada anak asuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial anak-anak di panti asuhan terkait dengan instruksi moral yang mereka terima dari pengasuh mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dan metodekuantitatif. Terdapat 93 partisipan dalam penelitian ini, dan 74 respon diperoleh dengan menggunakan pendekatan Cluster Random Sampling untuk mengambil sampel hingga 80% dari populasi. Angketyang telah melalui uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengumpulkan data. kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan moral anak masuk dalam kategori kurang baik di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang; (2) perilaku sosial anak masuk dalam kategori yang sama yaitu kurang baik; dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pembinaan moral pengasuh dengan perilaku sosial anak Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang.

References

Sunarti, V. (2020). Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2)

Setiawati, S., & Syuraini, S. (2018). Penguatan Peran Ibu-Ibu dalam Rumah Tangga melalui Pelatihan Pendidikan Karakter dan Keterampilan Mengolah Makanan Jajanan Berbahan Dasar Lokal. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 119–123. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.15

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Wadu, L. B., & Jaisa, Y. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131-139.

Widyaningsih, T. S., Zamroni & Zuchdi, D. 2014. “Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SMP dalamPerspektifFenomenologis”.Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No. 2, hlm. 181- 195.

Warsah, I., Daheri, M., Morganna, R., Putri, O. A., & Adelia, P. (2023). Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia. Journal of Population and Social Studies, 31, 571–586. https://doi.org/10.25133/JPSSv312023.032

Yelvi, M., & Setiawati, S. (2024). Hubungan Antara Interaksi Sosial Tutor dan Perilaku Sosial Siswa Program Paket B dalam Pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS).12(1), 6

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Misfar, M., & Aini, W. (2025). Hubungan Antara Pembinaan Moral Oleh Pengasuh Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(3), 380-388. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.378