Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Perhotelan Di LKP Dwi Lestari College Pesisir Selatan

Authors

  • Fuji Gusliyarsih Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.337

Keywords:

Keywords: Self-Regulated Learning, Hasil Belajar, LKP.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena masalah hasil belajar peserta pelatihan sebagian besar rendah dikarenakan motivasi belajar kurang selain itu, kurangnya minat dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran terlihat dari rasa bosan dan ngantuk yang sering muncul. Kondisi ini berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal, sebagaimana ditunjukkan oleh banyaknya warga belajar yang masih memperoleh nilai di bawah kriteria penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami gambaran serta menganalisis Hubungan antara Self-Regulated Learning terhadap peserta pelatihan perhotelan LKP. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan sebanyak 49 peserta pelatihan. Sampel penelitian ini yakni simple random sampling, sehingga diperoleh 36 peserta pelatihan sebagai responden. Hasil penelitian ini yakni: 1.) Self- Regulated Learning peserta pelatihan masih pada kategori sedang, 2.) Hasil belajar peserta pelatihan perhotelan yang mengikuti pelatihan masih tergolong rendah, 3.) Adanya hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengan hasil belajar peserta pelatihan di LKP

References

Aini, W. (2019). Implementation of the Module Development Program for the Increase of Tourism Awareness for Souvenir Merchants in Bukittinggi City. Journal of Nonformal Education, 5(2). http://dx.doi.org/10.15294/jne.v5i2.20214

Arif Rahim, H. M. (2023). Motivasi Belajar Dan HAsil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing. Bojongsari.

Azizah, N. S. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Peer Tutoring Dalam Meningkatkan Self- Regulated Learning (Srl) Pada Mata Pelajaran Platform Komputasi Awan Kelas Xi Sistem Informasi Jaringan Dan Aplikasi SMK Negeri 26 Jakarta. PINTER : : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 43-54, 5(1). https://doi.org/10.21009/pinter.5.1.6.

Desi Pristiwanti, B. B. (2022). Pengertian pendidikan. Pendidikan dan konseling, 7911, volume 4 nomor 6.

Harahap, D. P. (2023). Meningkatkan Self-Regulated Learning pada Siswa Melalui Strategi Belajar Berdasar Regulasi Diri. Journal on Education, 5(3), 7056–7068. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1494

Kristiyani, T. (2020). Self-Regulated Learning: Konsep,Implikasi dan Tantangan bagi Siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Maiyastri, W., Solfema, S., & Ismaniar, I. (2019). Description of Instructor Professional Competence in English Language Courses at the BEC Educational Institution in Sawahlunto. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(2), 183-189.

Rahmawati, L., & Solfema. (2023). The Relationship between Emotional Intelligence and Students’ Learning Discipline in Surau Extracurricularies at Baiturrahmah Middle School, Padang City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(4), 549-556.

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2019). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan.

Syafitri, A. A. (2024). Pengaruh Self-Regulated Learning Dan Self-Efficacy Terhadap Prestasi Akademik. Cendikia Pendidikan, 87 Vol 3, no 6.

Trigunawan, I. & Solfema. (2021). Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Primadona Desa Cimparuh Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 342–346.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Gusliyarsih, F., & Solfema, S. (2025). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Perhotelan Di LKP Dwi Lestari College Pesisir Selatan. Jurnal Family Education, 5(1), 85-93. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.337