Perancangan Desain User Interface (UI) Aplikasi Mine-Learning Kursus Online Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.336Keywords:
perancangan desain, user interface, e-learning, kursus onlineAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah kursus online berbasis e-learning, yang menawarkan fleksibilitas dan aksesibilitas tinggi bagi pengguna. Namun, masih banyak platform e-learning yang menghadapi kendala dalam desain antarmuka pengguna (User Interface/UI), yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Wawancara mendalam dilakukan terhadap lima pengguna platform e-learning untuk mengidentifikasi permasalahan yang sering mereka hadapi, seperti tampilan UI yang monoton, kurangnya fitur pengingat tugas, serta kesulitan dalam menavigasi materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI aplikasi MINE-learning, sebuah platform kursus online berbasis Android, dengan tampilan yang menarik, mudah dipahami, dan dilengkapi fitur interaktif guna meningkatkan pengalaman pengguna dalam pembelajaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan Design Thinking untuk menghasilkan rancangan produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dari hasil penelitian, dirancang desain UI dengan fitur halaman Log In, Sign Up, Reset Password, Homepage, Bidang Kursus, Detail Kursus, Materi Kursus, Upload Tugas, Diskusi, Profile, Notifikasi, dan Presensi. Pengujian desain dilakukan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) pada enam aspek utama: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil pengujian UEQ menunjukkan bahwa seluruh aspek memperoleh kategori Excellent dengan nilai rata-rata di atas 2,0, menandakan bahwa desain yang dirancang telah menarik dan mampu meningkatkan kenyamanan dan efektivitas pembelajaran digital. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan kursus online berbasis android yang interaktif dan user-friendly.
References
Puteri, Y. A., Aulia, D., Alya, A., & Sari, K. (t.t.). IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI ONLINE COURSE. 8(2), 2022.
Rahmalia, N. (2022). Apa itu mockup? Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/mockup-adalah/
Rahmawati, R. N., & Narsa, I. M. (2019). Intention to Use e-learning: Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM). Owner, 3(2), 260. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.151
Syaukati Robbi, M. (2019). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Perancangan Aplikasi E-learning Berbasis Web dengan Model Prototype pada SMPN 7 Kota Tangerang Selatan. 2(4). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/index148
TALUKAKI, H. J. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Objek Dan Event Pariwisata Kota Manado.
Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.t.). Diambil 6 September 2024, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Wulandari, I. R., & Farida, L. D. (2018). PENGUKURAN USER EXPERIENCE PADA E-LEARNING DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNARE (UEQ). JurnalMantikPenusa, 2, 145.
Yastin, D. N. (n.d.). Evaluasi dan Perbaikan Desain User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Mobile Siaran Tangsel Menggunakan Metode Goal Direct Design (GDD).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amelina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.