Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Majelis Ta’Lim Dengan Perilaku Sosial Anggota Majelis Ta’Lim Di Nagari Bandarejo, Kecamatan Pasaman

Authors

  • Rani Sevia Putri Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.328

Keywords:

Kata Kunci: Kkeaktifan, Perilaku Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku sosial anggota majelis ta’lim yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keaktifan mengikuti kegiatan majelis ta’lim, perilaku sosial anggota majelis ta’lim, dan melihat hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan majelis ta’lim dengan perilaku sosial anggota majelis ta’lim di Nagari Bandarajo, Kecamatan Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu anggota majelis ta’lim Al-Ikhlas, Nagari Bandarajo, Kecamatan Pasaman sejumlah 32 oarang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 80% dari total populasi dengan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu random sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rhank order corelational. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) keaktifan mengikuti kegiatan majelis ta’lim tergolong rendah, (2) perilaku sosial anggota majelis ta’lim tergolong buruk, (3) terdapat hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan majelis ta’lim dengan perilaku sosial anggota majelis ta’lim di Nagari bandarjo, Kecamatan Pasaman, hubungan dinyatakan signifikan karena dikategorikan sangat tinggi. Disarankan agar pihak nagari dan lembaga keagamaan islam untuk membuat lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan majelis ta’lim yang lebih inovatif agar kegiatan majelis ta’lim semakin aktif dan berkembang, .pengurus majelis ta’lim untuk semakin gencar mengikuti kegiatan majelis ta’lim yang ada dan mempromosikan kegiatan majelis ta’lim agar anggota yang kurang aktif menjadi tertarik untuk aktif kembali dalam kegiatan majelis ta’lim, peneliti selanjutnya agar dapat mendalami penelitian ini dengan variabel yang berbeda.

 

 

 

References

Aini, W. 2020. Pendidikan Nonformal; Landasan dan Implikasinya. UNP: CV Padang

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta

Bukhari, Umar. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah

Fitri, M. (2013). Hubungan Antara Sikap Peserta Terhadap Program Majelis Taklim dengan Partisipasinya dalam Mengikuti Kegiatan Majelis Taklim. SPEKTRUM: PLS Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1).

Gunawan Agung. 2021. Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Remaja Masjid dengan perilaku Sosial Remaja di Desa Kuranji Kecamatan Guguak Kabuoaten Lima Puluh Kota. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Hartaty, Netty. 2004. Islam dan Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Inayah, Fatma. 2018. Pengaruh Keaktifan Mengikuti Majelis Ta’lim Abudzar Al-Ghifari Terhadap Perilaku Keagamaan Ibu-Ibu Dusun Boyolali Kecamatan Batanghari. Skripsi. Online. Diperoleh dari:https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1512/

Santrock, J.W.2008. Psikologi Sosial. (Alih Bahasa Dina Angelica).Jakarta:Salemba Nusantara

Sarwono. 2001. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Walgito, Bimo. 2013. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi offset.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Putri, R. S. ., & Ismaniar, I. (2025). Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Majelis Ta’Lim Dengan Perilaku Sosial Anggota Majelis Ta’Lim Di Nagari Bandarejo, Kecamatan Pasaman. Jurnal Family Education, 5(1), 162-167. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.328