Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Karakter Tanggungjawab Belajar Anak Usia 7-8 Tahun Selama Masa Pandemi Di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v2i1.30Keywords:
perhatian orang tua, karakter tanggungjawab belajar, pendidikan keluargaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Diduga disebabkan salah satunya karena rendahnya perhatian orang tua pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan perhatian orangtua pada anak usia dini, menggambarkan perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun, melihat hubungan antara perhatian orangtua dengan perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yaitu semua orangtua dari anak usia dini di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo dan sampelnya diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan angket atau kuesioner. Data penelitian kemudian dianalisis dengan rumus deskriptif dan korelasi Range Order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua pada anak usia dini dikategorikan rendah, perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi dikategorikan rendah, dan terdapat hubungan signifikan antara perhatian orangtua dengan perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Saran penelitian yaitu diharapkan kepada orang tua agar dapat meningkatkan perhatiannya kepada anaknya, hal ini dikarenakan perhatian yang maksimal diberikan oleh orangtua akan mampu menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
References
Agustiningrum, M. D. B., & Rohidi, T. R. (2020). Strategi Pengembangan Motorik Anak Usia 5-8 Tahun dan Penanaman Karakter Tanggung Jawab Melalui Tari Nawung Sekar. Sentra Cendekia, 1(1), 15–21. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/download/1189/867
Amla, R., Ismaniar, I., & Sunarti, V. (2018). Gambaran Cara Orang Tua dalam Membentuk Kebiasan Belajar Menurut Anak di Jorong Alamanda Kenagarian Kinali Pasaman Barat. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 99. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9513
Aziz, S. (2016). Pendidikan Keluarga: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media.
Febrianti, W., & Solfema, S. (2021). The Relationship Between Parents Attention and Early Childhood Discipline at Kampuang Jambak Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(2), 226. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112597
Garnika, E., & Rohiyatun, B. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 4(1), 83–89.
Hartati, S. (2017). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ismaniar, I. (2019). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–8. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101459/100590
Ismaniar, I., Jamaris, J., & Wisroni, W. (2018). Pentingnya Pemahaman Orang Tua tentang Karakteristik Pembelajaran AUD dalam Penerapan Model Environmental Print Berbasis Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.9
Istanti, Y. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia 7-14 Tahun di RT 04 Desa Cinta Karya Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
Latifah; Ismaniar; Sunarti, V. (2018). Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini oleh Guru di Lembaga PAUD Adzkia III Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 50. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9110
Lickona, T. (2016). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Maulani, N. H., & Bartin, T. (2021). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran dari Rumah di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 333–341. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/953
Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara Perhatian yang Diberikan Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8
Monalisa, M., & Ismaniar, I. (2020). Hubungan Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Yang Menikah Muda Dengan Perkembangan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Korong Sungai Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 293. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109592
Nuraeni, N. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedogy, 3(1), 65–73. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/3039/2074
Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. Retrieved from https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/831
Pujiningrum, E., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso 01. Jurnal Inovasi Oembelajaran Di Sekolah, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/download/9/8
Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 84–90. Retrieved from ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/9005/101621
Shaumi, A. M., & Ismaniar, I. (2020). The Relationship Between the Family Communication and Talking Early Children at the Pisang Village Kinali Districts Pasaman Barat. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 515. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110145
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Thania ThaniaDiyelsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.