Hubungan Kompetensi Sosial Pendidik dengan Aktivitas Belajar Peserta Didik Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Rani Nurhafizah Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.279

Keywords:

Kompotensi Sosial,, Aktivitas Belajar, Peserta Didik

Abstract

Rani Nurhafizah. 2024. Hubungan Kompetensi Sosial Pendidik dengan Aktivitas Belajar Peserta Didik Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya penerapannya kompetensi sosial pendidik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan Kompetensi Sosial Pendidik dengan Aktivitas Belajar Peserta Didik Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ialah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel ialah simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini ialah: (1) Kompetensi sosial pendidik di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat berada pada kategori kurang baik. Hal ini terlihat dari hasil responden angket pada pilihan jarang yang menjadi persentase tertinggi yaitu 50,68% (2) Aktivitas belajar peserta didik ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat berada pada kategori tinggi. Hal ini terlihat dari angket serta jawaban sering menjadi persentase tertinggi yaitu 43,61% (3) Terdapatnya hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial pendidik dengan aktivitas belajar peserta didik ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh r hitung : 0.532, serta nilai tersebut dikonsultasikan dengan r tabel yang berpatokan pada taraf kepercayaan 5% yaitu 0,312 dengan N = 40 dari hasil konsultasi tersebut diperoleh r hitung > r tabel. Apabila r hitung > r tabel maka Ho ditolak serta sebaliknya Ha diterima. Sehingga, kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial pendidik dengan aktivitas belajar peserta didik ekstrakulikuler tahfidz Al-Quran di SMPN 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.

 

Kata Kunci: Kompotensi Sosial, Aktivitas Belajar, Peserta Didik

References

Mukmin, A. A., Amaluddin, M. R., & Ismail, N. (2023). Membuat Kepribadian Religius Anak didik Lewat Program Tahfidz Al- Qur’ an Di MI Al- Hijriyah Buatan Mulya Kota Prabumuli. Risalah: Harian Pendidikan serta Riset Islam, 9 (3).

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al- Munawwir Arab- Indonesia. Pustaka Progressif.

Nasution, W. N., Halimah, S., & Sudiono, B. (2017). Aplikasi Ekstrakurikuler Dalam Membina Karakter Santri Di Madrasah Pertanian Serta Keahlian (Ppk) Salman Alfarisi Kecamatan Serba Jadi. AT- TAZAKKI, 1 (1).

Nata, A. (1993). Al- Qur’ an serta Hadits. PT Raja Grafindo Persada.

Noor, Y., & Adawiah, R. (2019). Penerapan Aktivitas Ekstrakurikuler Dalam Bagan Pengembangan Nilai- Nilai Kepribadian Anak didik Untukmenjadi Masyarakat Negeri Yang Bagus Di SMA Korpri Banjarmasin. 6 (11).

Nurhamidah, S., Dantes, N., & Lasmawan, W. (2014). Usaha Kenaikan Pengurusan Cara Penataran Lewat Pendampingan Pada Aplikasi Kurikulum 2013 kepada Guru–Guru Kategori I Serta Kategori Iv. 4.

Paryanto. (2010). Aplikasi Tata cara Penataran Kolaboratif Jenis Group Investigation buat Tingkatkan Mutu Penataran Filosofi Pemesinan Bawah. Harian Pendidikan Teknologi Serta Keahlian, 19 (2), 173.

Salamadian. (2018). Tujuan Pendidikan Nasional Bagi UU. Nomor 20 Tahun 2003 Penafsiran & Gunanya.

Septania, S., Khairani, K., & Huwaina, M. (2021). Pemberdayaan Halaman Pendidikan Quran (TPQ) Lewat Pembuatan Kurikulum Bersumber pada Tata cara Multi- Sensori. Harian Abmas Negara (JAGRI), 2 (2), 61–68. https: atau atau kekasih. org atau 10. 36590 atau jagri. v2i2. 161

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Nurhafizah, R., & Solfema, S. (2024). Hubungan Kompetensi Sosial Pendidik dengan Aktivitas Belajar Peserta Didik Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Family Education, 4(4), 682-690. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.279