Hubungan Pemberian Reward Oleh Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.276Keywords:
Pemberian reward, Kedisiplinan anak usia diniAbstract
Riska Putri Wulandari 2024. Hubungan Pemberian Reward Oleh Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan anak usia dini di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan. Hal ini di duga karena rendahnya pemberian reward dari orang tua di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk :(1) Mendeskripsikan pemberian reward oleh orangtua kepada anak usia dini 5-6 Tahun di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan (2) Mendeskripsikan kedisiplin anak usia dini 5-6 Tahun di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan (3) Melihat hubungan pemberian reward oleh orangtua dengan kedisiplinan anak usia dini 5-6 Tahun di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan.
Penelitian ini dilakukan secara pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, dengan tujuan untuk mengungkap hubungan pemberian reward dengan kedisiplinan anak usia dini di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan yang berjumlah 105 orang dan dengan mengambil populasi yaitu 31 orang dengan menggunakan teknik area random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) pemberian reward terhadap anak usia dini di Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan dapat dikatakan kurang baik, (2) Kedisiplinan anak usia dini Desa Taluk Kecamatan Pariaman Selatan dapat dikatakan kurang baik, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian reward oleh orang tua dengan kedisiplinan anak usia dini 5-6 tahun di desa taluk kecamatan pariaman selatan. Saran dalam penelitian ini yaitu pentingnya pemberian reward oleh orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini.
References
Agustina (2022). (n.d.). Agustina, R. (2022). Peran Pujian dalam Membangun Kedisiplinan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 45-57.
Arikunto, 2019. (n.d.). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnett (2021). (n.d.). Arnett, J. J. (2021). Human Development: A Cultural Approach. New York: Pearson.
Bandura 2021. (n.d.). Social Learning Theory. Prentice-Hall.
Baumrind, D. (2020). (n.d.). The Discipline Continuum: From Harsh to Gentle. Journal of Child Psychology, 45(3), 345-362.
Luthar (2021). (n.d.). Luthar, S. (2021). Reward and Discipline: A Framework for Positive Parenting. International Journal of Child Development, 10(1), 12-20.
Papalia dan Martorell (2021). (n.d.). Papalia, D. E., & Martorell, G. (2021). Experience Human Development. New York: McGraw-Hill Education.
Rahman, T., & Putri, L. (2020. (n.d.). Rahman, T., & Putri, L. (2020). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.
Santrock, J. W. (2019). (2019). Child Development. New York: McGraw-Hill Education.
Sari (2023). (n.d.). Sari, D. (2023). Pengaruh Reward terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(1), 22-34.
Sudarsono, 2021. (n.d.). Sudarsono, T. (2021). Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riska Putri Wulandari, Vevi Sunarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.