Hubungan Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelurahan Padang Sarai Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.260Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun Kelurahan Padang Sarai Kota Padang. Hal ini diduga karena komunikasi interpersonal orang tua yang kurang baik terhadap anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui komunikasi interpersonal orang tua di Kelurahan Padang Sarai Kota Padang. (2)Mengetahui kepercayaan diri pada anak usia dini di Kelurahan Padang Sarai Kota Padang. (3)Mengetahui Hubungan Koumunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Padang Sarai Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Padang Sarai Kota Padang sebanyak 45 orang tua dan mengambil sampel 75% dari populasi menjadi 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal orang tua di Kelurahan Padang Sarai Kota Padang dikategorikan kurang baik. (2) Kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun Kelurahan Padang Sarai Kota Padang dikategorikan kurang baik. (3)Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Padang Sarai Kota Padang. Saran pada penelitian ini adalah diharapkan orang tua nantinya dapat berkomunikasi yang baik kepada anak usia dini, karena salah satu kunci kepercayaan anak usia dini adalah dapat berkomunikasi yang baik terutama kepada orang tua.
References
Amelia, P. (2017). Hubungan Kecakapan Dalam Kecerdasan Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di TK Kecamatan Sungai Gelam. JURNAL HUBUNGAN KECAKAPAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN SUNGAI GELAM.
Andika, Yani, and Vevi Sunarti. "Hubungan antara Komunikasi Keluarga dengan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Desa Rambai." SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 6.4 (2018): 547-554.
Aprianti, E. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal dalam kegiatan mengajar antara guru dan murid paud pada proses pembentukan karakter. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1-9.
Cimi, A., Erlyani, N., & Rahmayanti, D. (2013). Pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 1(1), 57-63.
Fakhriyah, F., & Pratiwi, I. A. (2021). Pengaruh pola asuh demokratis terhadap kemampuan komunikasi interpersonal anak usia 10-12 tahun. Jurnal Basicedu, 5(4), 2513-2520. Fakhriyah, F., & Pratiwi, I. A. (2021). Pengaruh pola asuh demokratis terhadap kemampuan komunikasi interpersonal anak usia 10-12 tahun. Jurnal Basicedu, 5(4), 2513-2520.
Fensi, F. (2018). Membangun Komunikasi Interpersonal orang tua dengan anak dalam keluarga. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 1(1).
Ferlin, Miranda, and Lili Dasa Putri. "Hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak usia dini." Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 6.2 (2022): 118-123.
Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297-4308.
Handayani, M. (2016). Peran komunikasi antarpribadi dalam keluarga untuk menumbuhkan karakter anak usia dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 11(1), 57-64.
Junaidin, R. (2020). Pola komunikasi interpersonal orang tua terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal RAP (Penelitian Aktual Psikologi), 11(1), 46-66.
Kurniawan, Dicky. "Deskripsi Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini." SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 2.2 (2014).
Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368-2374.
Latifah, Latifah, Ismaniar Ismaniar, and Vevi Sunarti. "Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini oleh Guru di Lembaga PAUD Adzkia III Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang." SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 6.1 (2018): 50-57.
Latifah, Latifah. "Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Oleh Guru Di Lembaga PAUD." Jurnal Family Education 1.2 (2021).
Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu Dalam Komunikasi Interpersonal. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 241-251.
Lufipah, H., Pamungkas, B., & Haikal, M. P. (2022). Komunikasi Interpersonal Antar Orang Tua Dan Anak Terhadap Karakter Anak. Kampret Journal, 1(2), 24-31.
Meriska, S. L. (2019). Kecemasan Komunikasi Interpersonal Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
PURBA, E. Y. P. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral Dissertation, Universitas Negri Jakarta).
Putri, C. M. N., Apsari, F., & Musslifah, A. R. (2015). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Sahid Surakarta).
Rahmah, R., Herwina, H., & Syintya, D. (2023). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Guru di TK Aba Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5565-5571.
Rahmahnda, N. A. (2022). Peran komunikasi interpersonal ibu untuk membangun percaya diri anak dalam perspektif orang tua. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 6(2), 61-74.
Saleh, G. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini. Medium, 6(2), 51-61.
Wahyuti, T., & Syarief, L. K. (2016). Korelasi antara keakraban anak dan orang tua dengan hubungan sosial asosiatif melalui komunikasi antar pribadi. Jurnal Visi Komunikasi, 15(1), 143-157.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suci Permata Bunda, Lili Dasa Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.