Sosialisasi Hidup Bersih Melalui Kegiatan Cuci Tangan di PAUD Al-Iqro di Desa Simpang Ketenong
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.256Keywords:
Mencuci Tangan, Hidup Bersih, Anak PaudAbstract
Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun merupakan langkah sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan periode krusial dalam pembentukan kebiasaan sehat. Artikel ini memaparkan program edukasi dan sosialisasi hidup bersih melalui kegiatan cuci tangan yang diterapkan pada anak-anak PAUD Al-Iqro di Desa Simpang Ketenong. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi penyuluhan interaktif, demonstrasi praktis, permainan edukatif, serta pemberian alat kebersihan. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam memantau dan mendukung kebiasaan anak-anak di rumah juga menjadi fokus penting. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan praktik cuci tangan pada anak-anak, serta kesadaran yang lebih tinggi di kalangan orang tua mengenai pentingnya kebiasaan hidup bersih. Dengan demikian, program ini berhasil membentuk dasar yang kuat bagi anak-anak untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat dan bersih sejak dini
References
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.
Curtis, V., Cairncross, S., & Yonli, R. (2000). "Review: Domestic hygiene and diarrhoea - pinpointing the problem." Tropical Medicine and International Health, 5(1), 22-32.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Pedoman Pengelolaan Program Pencegahan Penyakit Menular. Jakarta: Depkes RI.
Suryani, A. (2019). "Pendidikan Kebersihan pada Anak Usia Dini di PAUD: Sebuah Pendekatan Interaktif." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 45-57.
World Health Organization. (2020). Hand Hygiene: Why, How & When?. Geneva: WHO.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Julita Wulandari, Athifah Zakiyah Zulmi, Oktavia Mulyawati, Rani Alawiah, Halimah Tusipah, Intan Tria Alhusna, Diyas Widiyarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.