Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar Santri Di Mdta Uswatun Hasanah Kota Padang

Authors

  • Jaleswari Putri Jelita Universitas Negeri Padang
  • Vevi Sunarti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.248

Keywords:

Keywords: Dukungan Sosial, Teman Sebaya, Hasil Belajar.

Abstract

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah Kota Padang. Hal ini diduga karena kurangnya dukungan sosial dari sesama santri (teman sebaya). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: (1) untuk mengetahui bagaimana santri di MDTA Uswatun Hasanah memberikan dukungan sosial. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah Kota Padang. (3) Untuk mengatahui apakah antara dukungan sosial teman sebaya dengan hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah memiliki hubungan. Penelitian ini berjenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Seluruh santri di MDTA Uswatun Hasanah Kota Padang yang telah bergabung di MDTA selama 6 bulan,serta memiliki hasil belajar semester 1 tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 23 orang menjadi populasi pada penelitian ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan dari populasi sebanyak 23 orang santri. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus  persentase dan  rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dukungan sosial teman sebaya santri di MDTA Uswatun Hasanah tergolong rendah, (2) Hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah tergolong rendah, (3) Adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan hasil belajar santri di MDTA Uswatun Hasanah. Saran dalam penelitian yaitu pentingnya dukungan sosial teman sebaya dalam meningkatkan hasil belajar santri.

 

References

Afrina, S., & Wisroni, W. (2023). The Relationship Between Parental Involvement and Learning Outcomes of Class VII Students at SMP Negeri 3 Padang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 459–468. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.676

Amelia, R., & ’Aini, W. (2023). The Relationship Between Peer Interaction and Student Learning Activeness at The Al-Quran Education Park (TPQ) Baiturahman Sialang Mosque. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 731–740. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.697

Andriani, D., & Natsir, M. H. D. (2024). The Relationship of Peer Social Support with the Learning Motivation of Citizens Learning the Package C Program at PKBM Raudhatul Ullum Padang Pariaman District. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.127552

Annisa, A. D. (2024). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Minat Berwirausaha Lulusan Pelatihan Kue Balai Latihan Kerja Batusangkar. Jurnal Family Education, 04 No. 1.(1), 150–155. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.168 Hubungan

Asri, D. N., & Afifah, D. R. (2020). Social Support To Improve The Selfcare Ability Of People With Mental Disabilities: A Qualitative Study In The Kampung Tunagrahita. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 48–54. https://doi.org/10.29210/139 000

Fadhilah Jumah, S., & Setiawati, S. (2022). Relationship Between Persuasive Communication of Tutor with Student’s Learning Outcome on Civic Education Subject at Cahaya Abadi Community Learning Center Surian Village. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(3), 479. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i3.117268

Fitriani, N., & Sunarti, V. (2023). The Relationship between Parents’ Emotional Support and Students’ Learning Independence in MDTA Surau Gudang Kota Solok. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(4), 543. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i4.120188

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berani Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Jurnal Pendidikan Islam , 2 (1), 1-12.

Nabilla, A. S., & Sunarti, V. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Kemandirian Anak di Jorong Ranah Panantian Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Family Education, 04 No. 1.(1), 210–218.

Nugroho, B. A. (2019). Dukungan Sosial Orangtua, Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Sebagai Prediktor Stres Akademik Siswa Smk Negeri 1 Kedung (Doctoral Dissertation, Magister Sains Psikologi Program Pascasarjana UKSW).

Priyadi, A. (2020). Efforts to Improve Learning Results Applying Health and Safety Work Using the Inquiry Learning Model. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 30–36. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i1.386

Putri, E. M., & Syuraini. (2023). The Relationship between Learning Methods and Student Learning Outcomes at TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi, Pasaman Barat. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 372–380. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i3.120395

Putri, K., & Irmawita, I. (2023). the Relationship Between the Application of the Problem Method Based Learning With Participant Learning Outcomes Computer Course At Smart College Padang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 425–431. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.681

Rusadi, A. M., & Jalius, J. (2020). The Relationship Between Peers and Learning Interest of Citizens Learning the Package C Program at SPNF SKB Sijunjung. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 397. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110055

Safitri, M., & Rusli, D. (2023). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya pada Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Mengerjakan Skripsi di Bukittinggi. Jurnal Family Education, 3(2), 85–92. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i2.93

Salman, I. E., & Syur’aini, S. (2023). The Relationship Between Learning Readiness and Learning Outcomes of Citizens Learning Package C At Pkbm Titian Amanah Kayu Tanam. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 694–700. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.680

Sarmiati, S., Kadir, K., Bey, A., & Rahim, U. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan dukungan sosial terhadap hasil belajar matematika santri kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 77-88.

Ulfa, N., & ’Aini, W. (2023). The Relationship Between Emotional Intelligence and Learning Outcomes of Economic Subjects in The Package C Program at SKB 1 Tanah Datar. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 798–806. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.728

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.

Yudha, RI (2020). Pengaruh Dukungan Orang Tua, Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Santri Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran , 6 (1), 49-58.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Jelita, J. P. ., & Sunarti, V. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar Santri Di Mdta Uswatun Hasanah Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(2), 388-395. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.248