Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Talang Maur Kabupaten Lima Puluh Kota

Authors

  • Fitri Leo Fani Fitri Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.211

Keywords:

Pola Asuh Keluarga, Perkembangan Sosial, Emosional, Anak Usia 4-5 Tahun

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Talang Maur, Kabupaten Lima Puluh Kota. Diduga hal ini dikarenakan orang tua belum mengimplementasikan pola asuh yang tepat pada anak-anaknya. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui hubungan antara pola asuh keluarga dan perkembangan emosional sosial anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini mengguanakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yakni orang tua yang memiliki anak berusia 4-5 tahun di Talang Maur, Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan total sebanyak 45 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik  area random sampling. Pada penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 75% dari total 45 orang, yaitu sebanyak 34 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, sedangkan analisis data dengan persentase serta product moment. Temuan penelitian menunjukkan pola aush keluarga tergolong kurang baik. Perkembangan sosial emosional anak tergolong rendah. Adanya hubungan signifikan antara pola asuh keluarga dengan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Talang Maur, Kabupaten Lima Puluh Kota.

References

Ermawati, & Syuraini. (2022). The Relationship Between The Intensity of Watching Youtube with Social Emotional Development of Early Children in Paud Mekar Jaya Lunang Sub-District. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(4). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i4.117329

Irmawita, I. (2018). Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal untuk Kelompok Masyarakat Lanjut Usia. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.2

Ismaniar, I. (2020). Environmental Print Model Based on Family Stimulation Solutions Ability Reading Initial Children in the Era of Pandemic Virus Dangerous. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 62–66. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i1.393

Ismaniar, I., & Sunarti, V. (2018). Gambaran Cara Orang Tua dalam Membentuk Kebiasan Belajar Menurut Anak di Jorong Alamanda Kenagarian Kinali Pasaman Barat. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 99. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9513

Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429

Ismaniar, I., Utoyo, S., & Septia Landa, K. (2023). Analysis Of The Relevance Of Application Of Behavioristic Theory In The Development Of Positive Behavior In Early Childhood In The Era Of Information Technology. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 125–133. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i1.591

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Fitri, F. L. F., & Ismaniar, I. (2024). Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Talang Maur Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Family Education, 4(3), 485-492. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.211