Pengaruh Permainan Tradisional Galah Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Warga Belajar Di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.210Keywords:
Permainan Tradisional Galah, Perilaku PrososialAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam. Kondisi ini diduga disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya perilaku prososial, salah satu faktor yang diduga sangat mempengaruhi adalah kurangnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz dengan penggunaan media pembelajaran berupa permainan tradisional galah. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah sebanyak 30 orang warga belajar yang semuanya menjadi sampel penelitian. Dengan menggunakan analisis data menggunakan rumus uji paired sample t-test. Dari pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku prososial warga belajar sebelum diberikan tindakan (pretest) dan setelah diberikan tindakan (posttest) menggunakan permainan tradisional galah di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah.
References
Elistantia, R., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Perilaku Prososial. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(1), 11–11.
HAPIDIN, H., & YENINA, Y. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.21009/jpud.102.01
Husaini, H. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Hifzh Qur’an Pada Rumah Tahfidz Insan Qur’Ani Wonosobo Kabupaten Bener Meriah.”. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 235. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1128
Irmawita, I. (2018). Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal untuk Kelompok Masyarakat Lanjut Usia. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.2
Lenti, L., & Widiastuti, A. A. (2023). Peningkatan Perilaku Prososial pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Tradisional Babintingan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8273–8283. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3091
Lestari, D., & Partini. (2015). Hubungan Antara Penalaran Moral Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Indigenous, 13, 41–46. https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2602/1710
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Serli Novita Sara, Solfema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.