Pengaruh Permainan Tradisional Galah Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Warga Belajar Di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam

Authors

  • Serli Novita Sara Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.210

Keywords:

Permainan Tradisional Galah, Perilaku Prososial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam. Kondisi ini diduga disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya perilaku prososial, salah satu faktor yang diduga sangat mempengaruhi adalah kurangnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz dengan penggunaan media pembelajaran berupa permainan tradisional galah. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah sebanyak 30 orang warga belajar yang semuanya menjadi sampel penelitian. Dengan menggunakan analisis data menggunakan rumus uji paired sample t-test. Dari pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku prososial warga belajar sebelum diberikan tindakan (pretest) dan setelah diberikan tindakan (posttest) menggunakan permainan tradisional galah di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah.

References

Elistantia, R., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Perilaku Prososial. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(1), 11–11.

HAPIDIN, H., & YENINA, Y. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.21009/jpud.102.01

Husaini, H. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Hifzh Qur’an Pada Rumah Tahfidz Insan Qur’Ani Wonosobo Kabupaten Bener Meriah.”. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 235. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1128

Irmawita, I. (2018). Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal untuk Kelompok Masyarakat Lanjut Usia. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.2

Lenti, L., & Widiastuti, A. A. (2023). Peningkatan Perilaku Prososial pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Tradisional Babintingan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8273–8283. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3091

Lestari, D., & Partini. (2015). Hubungan Antara Penalaran Moral Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Indigenous, 13, 41–46. https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2602/1710

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Sara, S. N., & Solfema, S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Galah Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Warga Belajar Di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam. Jurnal Family Education, 4(4), 656-661. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.210