Hubungan Antara Self Regulated Learning Terhadap Pemahaman Ilmu Tajwid Warga belajar TPA

Authors

  • Dewi Kurnia Hayati Universitas Negeri Padang
  • Fitri Dwi Arini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.204

Keywords:

Self regulated learning, Pemahaman tajwid, TPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya sebagian besar warga belajar dalam pemahaman tajwid serta warga belajar terlihat bosan dan mengantuk di saat proses pembelajaran dan masih banyak warga belajar yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini guna mengetahui gambaran dan juga hubungan antara Self Regulated Learning Terhadap Pemahaman Tajwid Warga belajar TPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yakni 40 warga belajar. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan simple random sampling, jadi total sampel yang peneliti ambil yakni 30 orang warga belajar. Hasil penelitian ini yakni : 1.) Self regulated learning warga belajar tergolong rendah, 2.) Pemahaman tajwid warga belajar dalam mengikuti proses belajar di TPA masih tergolong rendah dan 3.) Terdapatnya hubungan yang signifikan antara hubungan self regulated learning terhadap pemahaman tajwid warga belajar TPA.

.

References

Husna, H., & Irmawita, I. (2021). The Relations Between Tutor Learning Strategy With Learning Performance in Equivalency Program Paket B. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(3), 432. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i3.113782

Jalius, J., Sunarti, V., Azizah, Z., & Gusmanti, R. (2019). Implementation of Life Skills in Order to Add Family Income and Contributions to Empowerment of Women. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 154–159. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.354

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Hayati, D. K. ., & Dwi Arini, F. (2024). Hubungan Antara Self Regulated Learning Terhadap Pemahaman Ilmu Tajwid Warga belajar TPA . Jurnal Family Education, 4(2), 347-356. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.204