Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Kontrol Diri Anak Usia Dini

Authors

  • Silvia Bella Anissa Universitas Negeri Padang
  • Fitri Dwi Arini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.203

Keywords:

pola asuh, kontrol diri, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya perhatian orang tua pada anaknya, interaksi anak dengan orang tua yang kurang, orang tua terlalu tegas pada anaknya dan penerapan pola asuh orang tua yang kurang tepat bagi anak usia dini.  Tujuan dari kegiatan penelitian guna mengetahui gambaran pola asuh otoriter orang tua, gambaran kontrol diri anak usia dini, dan hubungan pola asuh otoriter orang tua dengan kontrol diri anak usia dini. Penelitian dilakukan secara pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian yaitu 43 orang tua anak usia dini. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling sejumlah 30 orang tua anak usia dini. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data memakai rumus persentase serta product moment.Hasil Penelitian menujukan: (1) Pola asuh otoriter orang tua anak usia dini tergolong kurang baik; (2) Kontrol diri anak usia dini tergolong kurang baik, dan; (3) Terdapatnya hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter orang tua dengan kontrol diri anak usia dini.

References

Adnan, A. B. (2022). Pola Asuh Orang Tua Ideal Atas Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(3).

Afrina, S., & Wisroni, W. (2023). The Relationship Between Parental Involvement and Learning Outcomes of Class VII Students at SMP Negeri 3 Padang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 459–468. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.676

Agusniatih, Andi, & Jane. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori Dan Metode Pengembangan). Edu Publisher.

Agustiawan, M. H., Pujiyono, P., & Rozah, U. (2023). Usia Pertanggungjawaban Pidana Anak dalam Perspektif Neurolaw. Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan, 4(2), 67–80. https://doi.org/10.18196/jphk.v4i2.18206

Agustin, L., & Wisroni, W. (2022). The Relationship Of The Implementation Of Character Education In Family And The Social Behavior Of Adolescents. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(1), 11. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i1.114891

Anisa, A. R. K. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Sibling Rivalry pada Siswa MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang [Skripsi]. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Astuti & Sulastri. (2019). Peningkatan Pengetahuan Kehamilan, Persalinan Dan Nifas Yang Sehat Melalui Kelas Ibu Hamil Increasing Knowledge Of Pregnancy. Labor and Postpartum The 9 th University Research Colloqium 2019 Universitas Muhammadiyah, 7–10.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI no.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Diba, D. S. (2013). Peranan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif pada Remaja Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3330

Febrianti, W., & Solfema, S. (2021). The Relationship Between Parents Attention and Early Childhood Discipline at Kampuang Jambak Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(2), 226. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112597

Ghufron & Risnawati. (2012). Teoriteori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hazizah, N. (2019). Permissive Parenting Effect toward Emotional Development of Early Childhood. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.17

Ismaniar, Hazizah, N., & Wisroni. (2020). Environmental Print Berbasis Keluarga Pengenalan Membaca Sejak Dini. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Ismaniar & Setiyo. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak Pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(4).

Jumaini, V., & Syur’aini, S. (2022). The Relationship Between Parents’ Parenting Patterns And Addiction To Playing Online Games In Youth In Rantau Ketaka Village Lunang District, Pesisir Selatan Regency. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 190. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115723

Lubis, I., Lessy, Z., & Sibyan, A. L. (2023). Remaja, Kekerasan, Dan Pendidikan Keluarga: Fenomena Klitih di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.24260/jpkk.v2i1.1316

Nadia, R., & Setiawati, S. (2022). The Relationship Between Interpersonal Communication In The Family And The Moral Behavior Of Adolescents At MTS Darun Na’Im Simpangkubu. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 223. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.114906

Nirmala, A., & Hartono, R. (2023). Keterlibatan Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kabupaten Batang. JURNAL PSIMAWA, 6(1). https://doi.org/10.36761/jp.v6i1.2789

Nurjanah, N., & Rahmatika, R. (2017). Hubungan Antara Health Locus Of Control Dan Self-Efficacy Pada Mahasiswa Keperawatan. SCHEMA (Journal of Psychological Research), 116–127.

Paswaniati, Nurmalina, & Pahrul, Y. (2021). Journal On Teacher Education 2 Nomor 2 Tahun 2021. Journal On Teacher Education, 2(2), 1–8.

Purwanti, M., & Lestari, S. (2016). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Puspita & Erlamsyah. (2013). Hubungan Antar Perlakuan Orang Tua Dengan Kontrol Diri Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 1(1), 330–337.

Putri, L. D., Kamil, M., Hatimah, I., & S. Ardiwinata, J. (2023). Blended Learning Model in Partnership of PAUD Institution With Family Through Parenting Class in Developing The Potential of Early Children. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 162–170. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i1.594

Rahayu, L. P. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Agresif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4567

Rianti & Rahardjo. (2014). Kontrol Diri Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Kutasari, Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Psycho Idea, 3, 221–278.

Sari & Apriyan. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Keterampilan Kerja, Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7(1), 99.

Sari, G. R., & Irmawita, I. (2019). Gambaran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan di Nagari Lunang Barat Kabupaten Pesisir Selatan. PAKAR Pendidikan, 17(1), 36–46. https://doi.org/10.24036/pakar.v17i1.7

Sari, Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Setiawati, S., Arini, F. D., & Rozi, M. F. (2023). The Factual Condition of Early Childhood Prosocial Behavior and Its Development by Parents in Public Play Facilities. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 153–161. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i1.593

Suwandi, R., & Wisroni, W. (2019). The Correlation between Parent’s Understanding with Their Participation for Joining the Parenting Program in Early Childhood Education. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(1), 125. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i1.103894

Trinanda, R., & Arini, F. D. (2024). The Impact Of Learning Habits And Social Support On The Learning Climate Of Package C At PKBM Delima Bandara Padang Pariaman Regency. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 12(1), 90. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.127688

Tusadiah, F. R., & Jalius, J. (2021). Description of Facilitator Andragogy Competence in Avocado Breeder Training at the West Sumatra Agricultural Training Center. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 149–159. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v9i2.490

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Bella Anissa, S. ., & Dwi Arini, F. (2024). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Kontrol Diri Anak Usia Dini . Jurnal Family Education, 4(3), 544-556. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.203