Hubungan Interaksi Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Nagari Inderapura Timur Kecamatan Airpura
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.189Keywords:
Interaksi Orang Tua, Disiplin Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan pada anak
usia dini di Kecamatan Inderapura Timur Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 50 orang tua yang mempunyai anak usia 4-5 tahun dengan mengambil sampel sebesar 70% dari populasi yaitu 35 orang dengan menggunakan teknik Disproportionate Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Interaksi orang tua dengan anak di rumah di Nagari Inderapura Timur Kabupaten Pesisir Selatan dikatakan kurang baik, hal ini terlihat dari persentase jawaban responden yang didominasi oleh jawaban jarang, (2 ) Disiplin anak usia dini di Nagari Inderapura Timur Kabupaten Pesisir Selatan dikatakan kurang baik, hal ini terlihat dari persentase jawaban responden yang didominasi jawaban jarang, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi orang tua dengan kedisiplinan anak usia dini di Nagari Inderapura Timur Kabupaten Pesisir Selatan. Jadi hipotesis peneliti diterima.
References
AF, M. A., Nurfadilah, K., & Hilman, C. (2022). Pendidikan Luar Sekolah dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP),2(2),90–95. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.216
Aini, W. (2019). Pendidikan Nonformal Landasan dan Implikasinya. CV. IRDH
Aini, W., Setiawati, S., & Pamungkas, A. H. (2019). The Creativity of the Early Childhood Education’s Teachers in Creating an Animation Media Web- Based in Koto Tangah Padang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 127–134. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.355
Antasari, I. W. (2017). Support Parents on Building Children’S Literacy. Edulib, 6(2), 138– 146. https://doi.org/10.17509/edulib.v6i2.5025
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhari, R., Irmawita, I., & Aini, W. (2018). Menggambarkan Manfaat Program Parenting Menurut Orang Tua di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 91. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9195
Bunga, S.T. & Mega I, Dukungan Orangtua terhadap Prestasi Anak Tunanetra di Sekolah Inklusi, Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, Vol. 7, No. 2, 2019, h. 73.
Denny E,.et al, Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam, Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol. 10, No. 2, October 23, 2019, h.58.
Fauziah, A., & Jamaris, J. (2022). The Implementation of Independent Learning Using E- Modul: Case Study of Students of Package C in SPNF SKB Pariaman City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luarhttps://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i4.118925
Fithriani. (2020). Peran orang tua memberikan motivasi terhadap prestasi anak dalam keluarga. Jurnal Intelektualita, 9(2), 1–13.
Ismaniar, 2018. Pentingnya pemahaman orang tua tentang karakteristik pembelajaran AUD dalam penerapan model Enoironmental Print berbasis keluarga. Dimuat dalam Jurnal kolokium Volume 6 nomor 2 Edisi oktober 2018: Padang, Pendidikan Luar Sekolah.
Ismaniar. (2019). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print Ismaniar. ETech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6.2, 1–8
Ismaniar, I. (2018). Kreatifitas dan Pendidik PAUD dalam Perspektif Peluang dan Tantangan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS),6(3),257.https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100949
Ismaniar, I. (2020). Environmental Print Model Based on Family Stimulation Solutions Ability Reading Initial Children in the Era of Pandemic Virus Dangerous. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 62–66. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i1.393
Ismaniar, I., & Hazizah, N. (2019). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deu-coupage bagi Pendidik PAUD.
Setiawati, Syur’aini, & Ismaniar. (2020). Model Pendidikan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Padang: Pendidikan Luar Sekolah.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Putri, L. D. (2020). Optimization of Family Education Functions in Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 56–61. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/download/21299/8984/
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara. 2018. Widoyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Wiyani,N.2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media,.h,16. Wright, S. (2020). Understanding Creativity in Early Childhood. SAGE.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ritno Ahmanda, Lili Dasa Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.