Hubungan Interaksi Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Nagari Inderapura Timur Kecamatan Airpura

Authors

  • Ritno Ahmanda Universitas Negeri Padang
  • Lili Dasa Putri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.189

Keywords:

Interaksi Orang Tua, Disiplin Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan pada anak

usia dini di Kecamatan Inderapura Timur Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian   ini   adalah   korelasional   dengan   menggunakan   pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 50 orang tua yang mempunyai anak usia 4-5 tahun dengan mengambil sampel sebesar 70% dari populasi yaitu 35 orang   dengan   menggunakan   teknik   Disproportionate   Cluster   random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Interaksi orang tua dengan anak di rumah di  Nagari  Inderapura  Timur  Kabupaten  Pesisir  Selatan  dikatakan  kurang baik, hal ini terlihat dari persentase jawaban responden yang didominasi oleh jawaban jarang, (2 ) Disiplin anak usia dini di Nagari Inderapura Timur Kabupaten Pesisir Selatan dikatakan kurang baik, hal ini terlihat dari persentase jawaban responden yang didominasi jawaban jarang, (3) Terdapat hubungan  yang  signifikan  antara  interaksi  orang  tua  dengan  kedisiplinan anak usia dini di Nagari Inderapura Timur Kabupaten Pesisir Selatan. Jadi hipotesis peneliti diterima.

 

References

AF, M. A., Nurfadilah, K., & Hilman, C. (2022). Pendidikan Luar Sekolah dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP),2(2),90–95. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.216

Aini, W. (2019). Pendidikan Nonformal Landasan dan Implikasinya. CV. IRDH

Aini, W., Setiawati, S., & Pamungkas, A. H. (2019). The Creativity of the Early Childhood Education’s Teachers in Creating an Animation Media Web- Based in Koto Tangah Padang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 127–134. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.355

Antasari, I. W. (2017). Support Parents on Building Children’S Literacy. Edulib, 6(2), 138– 146. https://doi.org/10.17509/edulib.v6i2.5025

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari, R., Irmawita, I., & Aini, W. (2018). Menggambarkan Manfaat Program Parenting Menurut Orang Tua di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 91. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9195

Bunga, S.T. & Mega I, Dukungan Orangtua terhadap Prestasi Anak Tunanetra di Sekolah Inklusi, Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, Vol. 7, No. 2, 2019, h. 73.

Denny E,.et al, Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam, Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol. 10, No. 2, October 23, 2019, h.58.

Fauziah, A., & Jamaris, J. (2022). The Implementation of Independent Learning Using E- Modul: Case Study of Students of Package C in SPNF SKB Pariaman City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luarhttps://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i4.118925

Fithriani. (2020). Peran orang tua memberikan motivasi terhadap prestasi anak dalam keluarga. Jurnal Intelektualita, 9(2), 1–13.

Ismaniar, 2018. Pentingnya pemahaman orang tua tentang karakteristik pembelajaran AUD dalam penerapan model Enoironmental Print berbasis keluarga. Dimuat dalam Jurnal kolokium Volume 6 nomor 2 Edisi oktober 2018: Padang, Pendidikan Luar Sekolah.

Ismaniar. (2019). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print Ismaniar. ETech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6.2, 1–8

Ismaniar, I. (2018). Kreatifitas dan Pendidik PAUD dalam Perspektif Peluang dan Tantangan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS),6(3),257.https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100949

Ismaniar, I. (2020). Environmental Print Model Based on Family Stimulation Solutions Ability Reading Initial Children in the Era of Pandemic Virus Dangerous. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 62–66. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i1.393

Ismaniar, I., & Hazizah, N. (2019). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deu-coupage bagi Pendidik PAUD.

Setiawati, Syur’aini, & Ismaniar. (2020). Model Pendidikan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Padang: Pendidikan Luar Sekolah.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Putri, L. D. (2020). Optimization of Family Education Functions in Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 56–61. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/download/21299/8984/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara. 2018. Widoyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Wiyani,N.2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media,.h,16. Wright, S. (2020). Understanding Creativity in Early Childhood. SAGE.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Ahmanda, R., & Putri, L. D. . (2025). Hubungan Interaksi Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Nagari Inderapura Timur Kecamatan Airpura. Jurnal Family Education, 5(1), 109-116. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.189