Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Verbal Abuse dengan Perilaku Verbal Abuse pada Anak Usia Dini di Kenagarian Suliki
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.176Keywords:
Tingkat Pengetahuan, Verbal Abuse, Orang Tua, Anak Usia DiniAbstract
Tingginya tingkat perilaku verbal abuse pada anak usia dini di Kenagarian Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi pendorong penelitian ini. Hal ini diyakini karena tingkat pengetahuan orang tua mengenai verbal abuse yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga hal : (1) tingkat pengetahuan orang tua tentang verbal abuse; (2) perilaku verbal abuse pada anak usia dini; (3) hubungan antara keduanya. Partisipan penelitian adalah orang tua (ayah/ibu/wali) yang memiliki anak usia dini di Kenagarian Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Terdapat 55 populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah cluster random sampling. Sampel diambil dari populasi yang berjumlah 39 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat pengetahuan orang tua tentang verbal abuse pada anak usia dini di Kenagarian Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota dikategorikan sangat rendah; (2) perilaku verbal abuse orang tua pada anak usia dini di Kenagarian Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota dikategorikan tinggi; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang verbal abuse dengan perilaku verbal abuse pada anak usia dini di Kenagarian Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota.
References
Fitriana, Yuni Pratiwi, K. S. A. V. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku orang tua dalam melakukan Verbal abuse terhadap anak usia pra-sekolah. Jurnal Psikologi UNDIP, 14(1), 81–93.
Isnaini Prabaningrum, S. I. (2017). Gambaran sikap ibu terhadap kekerasan pada anak di wilayah kerja puskesmas mergangsan yogyakarta. 9.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2023). Tiada toleransi bagi kekerasan terhadap anak. Diperoleh dari https://www.kpai.go.id/publikasi/tiada-toleransi-bagi-kekerasan-terhadap-anak.
Lestari, Titik. (2016). Verbal abuse : Dampak Buruk dan Solusi Penanganannya Pada Anak. Psikosain : Yogyakarta.
Munawati. 2011. Hubungan Verbal Abuse Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak usia Prasekolah Di RW 04 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Depok. Skripsi. Jakarta. Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Meilani, N., Shaluhiyah, Z., & Suryoputro, A. (2014). Perilaku Ibu dalam Memberikan Pendidikan Seksualitas pada Remaja Awal The Mother ’ s Behavior in Sexual Education for Early Adolescent. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasiona, 8, 411–417.
Mysa, A. Y. 2016. Pengetahuan Orang Tua Tentang Kekerasan Verbal Pada Anak Pra Sekolah Di Aceh Parents’ Knowledge About Verbal Abuse on Preschool Children in Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan. 1: 1–7. http://jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/1552.
Notoadmodjo, Soekidjo. (2003). Ilmu kesehatan masyarakat. Jakarta : Asdi Mahasatya.
Putri, L. D., Kamil, M., Hatimah, I., & S. Ardiwinata, J. (2023). Blended Learning Model in Partnership of PAUD Institution With Family Through Parenting Class in Developing The Potential of Early Children. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 162–170. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i1.594.
Soetjiningsih. 2002. Tumbuh kembang anak. Jakarta. EGC.
Tower, Cyntia. (2005). Understanding Child Abuse and Neglect 6 th edition. New York : Allyn & Bacon.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dikha Nadia Hendri, Lili Dasa Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.