Hubungan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dengan Minat Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Wajib Di Sma Baiturrahma Padang

Authors

  • Alfajri Aditiya Universitas Negeri Padang
  • MHD. Natsir Natsir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.173

Keywords:

Ekstrakurikuler, pramuka, minat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sarana dan prasarana dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler wajib kepramukaan di SMA Baiturrahma Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah kelas X dan XI SMA Baiturrahmah Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik target sampling, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian, teknik analisis data menggunakan persentase untuk mencari korelasi dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini adalah: 1.) Ketersediaan sarana dan prasarana ekstrakurikuler wajib pramuka di SMA Baiturrahma Padang tergolong kurang optimal, 2.) Minat siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler wajib pramuka di SMA Baiturrahma Padang tergolong rendah. dan 3.) Terdapat hubungan yang signifikan antara sarana dan prasarana dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler wajib kepanduan di SMA Baiturrahma Padang.

References

Ana Laila Soufia dan Zuchdi, Jurnal Penelitian dan Evaluasi, Yogyakarta: UNY, 2004.

Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset Dahlan, U. A.

(2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa.102–109.

Bismi dan Natsir. (2023). The Relationship between Learning Climate and Learning Interest of

Package B Equality Students in PKBM Sentosa Hati.

https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i3.120392

Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Egrina, E. & Irmawita. (2020). The Relationship Between Instructors' Teaching Skills And The

Learning Outcomes Of The Learning Community At Pkbm Surya Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(4), 484.

Fitri Dwi Arini. 2019. Bullying-Related Social Skills Instrument For Children With Disabilities: Within The Extracurricular Activities In Educational Context. KOLOKIUM: Jurnal Pendidkan Luar Sekolah 9(2):114–120.

Gunawan, H. 2014. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Ida, Zusnani. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMP. Platinum

Irmawita. (2014). Penataan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Sebagai Sarana Pembelajaran

Warga Belajar Pendidikan Nonformal Oleh: Irmawita Universitas Negeri Padang. XIV(2),

–81.

Jalius,J., Sunarti, V., Azizah, Z., & Gusmanti, R. 2019. Implementation of Life Skills in Order to

Add Family Income and Contributions to Empowerment of Woment. KOLOKIUM: Jurnal

Pendidkan Luar Sekolah 7(2):154–159.

Kamisa.1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Keputusan MUNAS VI KORPRI Nomor : Kep-8/Munas/2014

Patricia Evandi , Ismaniar. (2021). Randai Arts Extracurricular Management (Case Study at

Padang 6 State High School).SPEKTRUM : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Volume 11,

Nomor 4. DOI: 10.24036/spektrumpls.v11i4.120166

Prasetyo, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini.

Yogyakarta: Think Jogjakarta

Rabbani, N. W. (2023). Profile of Courses and Training Institutions ( LKP ) Amani House of

Learning in Batam City. 2018–2022. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i3.120410

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta :

Prenada Media Group

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suparyo. 2017. Pengaruh Pembinaan Ekstrakurikuler dan Ketersedian Sarana Prasarana Terhadap Pengembangan Olahraga : Studi Pada SMA Negeri SeKabupaten Majalengka. Indonesian Journal of education Management and Administration Review, 1(1).

Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Tri Wahyudi, 2002. Bimbingan Perkembangan Pribadi dan Anak. Jakarta: Rineke Cipta.

Vevi, S. (2014).Peranan Pendidikan Luar Sekolah dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM:

Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2), 31–41

Wibowo,dkk (2015). Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal disekolah (konsep,strategi, dan implementasi). Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Aditiya, A., & Natsir, M. N. (2024). Hubungan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dengan Minat Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Wajib Di Sma Baiturrahma Padang. Jurnal Family Education, 4(1), 189-198. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.173