PERBEDAAN LINGKUNGAN BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C DI PKBM SAKATO KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Sry Azizah Universitas Negeri Padang
  • Irmawita Irmawita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.171

Keywords:

Lingkungan belajar, Program Paket C, PKBM SAKATO

Abstract

Keberlanjutan perkembangan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tidak hanya tergantung pada pendidikan formal, namun penting juga untuk mengakses layanan pendidikan informal dan nonformal. Hal ini bertujuan untuk mendukung perbaikan kualitas kehidupan mereka. Oleh karena itu, bentuk pendidikan nonformal yang terhubung dengan kehidupan masyarakat sangat penting dalam rangka mewujudkan pendidikan sepanjang hayat. Salah satu macam layanan pendidikan nonformal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat adalah PKBM. lingkungan belajar sangat mempengaruhi keaktifan dari warga belajar dan juga hasil belajar warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran serta juga mempengaruhi kredibilitas dari warga belajar itu sendiri. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan lingkungan belajar warga belajar yang rutin hadir dengan yang aktif belajar mandiri dirumah, untuk menggambarkan perbedaan lingkungan belajar yang rutin hadir dengan yang aktif belajar mandiri dirumah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif  yang menggunakan bentuk expostfacto. Adapun hasil penelitiannya adalah Lingkungan belajar warga belajar yang rutin hadir di kelas pada Program Paket C di PKBM SAKATO Kabupaten Pesisir Selatan dalam kategori sangat baik. Hal ini didasarkan jawaban angket yang disebarkan. Lingkungan belajar warga belajar yang belajar mandiri di rumah dalam kategori kurang baik. Hal ini didasarkan pada jawaban angket yang disebarkan dan sebagian besar warga belajar atau responden mmemilih jawaban kurang setuju atau item pertanyaan untuk menggambarkan lingkungan belajar yang bersifat positif.

References

Budiman, W., & Irmawita, I. (2020). The Relationship Between Learning Approaches and

Learning Motivation For Program Paket C at Suka Maju Sejahtera Community Learning Center

(PKBM) in Padang City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 491.

https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110103

Dawianti, N. (2017). Lingkungan Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),

Febriani, W., & Jamaris, J. (2022). The Relationship Between The TutorS Learning Method With

The Activity Of The Learners Package C In Pkbm Pratama, Pancung Soal District, Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 197.

https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115025

Fitria, Y., & Irmawita, I. (2020). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Warga

Belajar Mengikuti Pelatihan Menyulam Di Pkbm Surya Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal

Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 322. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109955

Harjali 2016. (n.d.). BELAJAR YANG KONDUSIF Studi Fenomenologi pada Sekolah Menengah

Pertama di Ponorogo. Iii, B., & Iii, B. A. B. (n.d.). Bab III. 72102.

Irmawati, A.-. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Mengurangi Buta Aksara Di Kabupaten Karimun*). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 8198.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.579

joesoef, soelaiman. (1992). No Title. PT Bumi Aksara.

Lavrakas, P. (2013). Purposive Sample. Encyclopedia of Survey Research Methods, 13, 120.

https://doi.org/10.4135/9781412963947.n419

Mukhlis, S. K., & Irmawita, I. (2021). The Relations of Tutor Teaching Performance and Science

Learning Outcome of Learners at Paket B Equivalency Program. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan

Luar Sekolah (PLS), 9(3), 318. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i3.113400

Nabila, I., & Sunarti, V. (2020). The Relationship Need For Reading With Motivated Reading

Citizens Package C at Pkbm Widya Dharma Nagari Solok Selatan. SPEKTRUM: Jurnal

Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 416. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110061

Nofita, N. A. (2013). Hambatan Hambatan Warga Belajar Dalam Proses Pembelajaran Program

Paket C Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan

Luar Sekolah (PLS), 1(1), 144. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1489

Safitri, M., Wisroni, W., & Jalius, J. (2018). Hubungan Persepsi Warga Belajar terhadap Strategi

Pengelolaan Tutor dengan Hasil Belajar pada Kejar Paket C di PKBM Merah Putih Kecamatan

x11 Kayutanam. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 71.

https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9519

Suryana, A. (2013). Fakultas ilmu pendidikan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS),

(2), 3548.

Trigunawan, I., & Solfema, S. (2021). Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar

Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Primadona Desa Cimparuh Kota

Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 343346.

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/954

Widawati, R. (2016). Pembelajaran kejar paket c.

Wulandari, F., & Syuraini. (2019). Description Of Discipline Of Learning Citizens In The Skills

Of Hand Crafts Skills In PKBM DIKNAKER Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan

Luar Sekolah (PLS), 7(3). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i3.106171

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Azizah, S., & Irmawita, I. (2024). PERBEDAAN LINGKUNGAN BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C DI PKBM SAKATO KABUPATEN PESISIR SELATAN. Jurnal Family Education, 4(1), 173-188. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.171