PERBEDAAN LINGKUNGAN BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C DI PKBM SAKATO KABUPATEN PESISIR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.171Keywords:
Lingkungan belajar, Program Paket C, PKBM SAKATOAbstract
Keberlanjutan perkembangan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tidak hanya tergantung pada pendidikan formal, namun penting juga untuk mengakses layanan pendidikan informal dan nonformal. Hal ini bertujuan untuk mendukung perbaikan kualitas kehidupan mereka. Oleh karena itu, bentuk pendidikan nonformal yang terhubung dengan kehidupan masyarakat sangat penting dalam rangka mewujudkan pendidikan sepanjang hayat. Salah satu macam layanan pendidikan nonformal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat adalah PKBM. lingkungan belajar sangat mempengaruhi keaktifan dari warga belajar dan juga hasil belajar warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran serta juga mempengaruhi kredibilitas dari warga belajar itu sendiri. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan lingkungan belajar warga belajar yang rutin hadir dengan yang aktif belajar mandiri dirumah, untuk menggambarkan perbedaan lingkungan belajar yang rutin hadir dengan yang aktif belajar mandiri dirumah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan bentuk expostfacto. Adapun hasil penelitiannya adalah Lingkungan belajar warga belajar yang rutin hadir di kelas pada Program Paket C di PKBM SAKATO Kabupaten Pesisir Selatan dalam kategori sangat baik. Hal ini didasarkan jawaban angket yang disebarkan. Lingkungan belajar warga belajar yang belajar mandiri di rumah dalam kategori kurang baik. Hal ini didasarkan pada jawaban angket yang disebarkan dan sebagian besar warga belajar atau responden mmemilih jawaban kurang setuju atau item pertanyaan untuk menggambarkan lingkungan belajar yang bersifat positif.
References
Budiman, W., & Irmawita, I. (2020). The Relationship Between Learning Approaches and
Learning Motivation For Program Paket C at Suka Maju Sejahtera Community Learning Center
(PKBM) in Padang City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 491.
https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110103
Dawianti, N. (2017). Lingkungan Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),
Febriani, W., & Jamaris, J. (2022). The Relationship Between The TutorS Learning Method With
The Activity Of The Learners Package C In Pkbm Pratama, Pancung Soal District, Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 197.
https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115025
Fitria, Y., & Irmawita, I. (2020). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Warga
Belajar Mengikuti Pelatihan Menyulam Di Pkbm Surya Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal
Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 322. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109955
Harjali 2016. (n.d.). BELAJAR YANG KONDUSIF Studi Fenomenologi pada Sekolah Menengah
Pertama di Ponorogo. Iii, B., & Iii, B. A. B. (n.d.). Bab III. 72102.
Irmawati, A.-. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Mengurangi Buta Aksara Di Kabupaten Karimun*). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 8198.
https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.579
joesoef, soelaiman. (1992). No Title. PT Bumi Aksara.
Lavrakas, P. (2013). Purposive Sample. Encyclopedia of Survey Research Methods, 13, 120.
https://doi.org/10.4135/9781412963947.n419
Mukhlis, S. K., & Irmawita, I. (2021). The Relations of Tutor Teaching Performance and Science
Learning Outcome of Learners at Paket B Equivalency Program. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan
Luar Sekolah (PLS), 9(3), 318. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i3.113400
Nabila, I., & Sunarti, V. (2020). The Relationship Need For Reading With Motivated Reading
Citizens Package C at Pkbm Widya Dharma Nagari Solok Selatan. SPEKTRUM: Jurnal
Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 416. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110061
Nofita, N. A. (2013). Hambatan Hambatan Warga Belajar Dalam Proses Pembelajaran Program
Paket C Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan
Luar Sekolah (PLS), 1(1), 144. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1489
Safitri, M., Wisroni, W., & Jalius, J. (2018). Hubungan Persepsi Warga Belajar terhadap Strategi
Pengelolaan Tutor dengan Hasil Belajar pada Kejar Paket C di PKBM Merah Putih Kecamatan
x11 Kayutanam. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 71.
https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9519
Suryana, A. (2013). Fakultas ilmu pendidikan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS),
(2), 3548.
Trigunawan, I., & Solfema, S. (2021). Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar
Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Primadona Desa Cimparuh Kota
Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 343346.
https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/954
Widawati, R. (2016). Pembelajaran kejar paket c.
Wulandari, F., & Syuraini. (2019). Description Of Discipline Of Learning Citizens In The Skills
Of Hand Crafts Skills In PKBM DIKNAKER Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan
Luar Sekolah (PLS), 7(3). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i3.106171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sry Azizah; Irmawita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.