Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman

Authors

  • Novia Diana Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.169

Keywords:

Kedisiplinan, Perhatian, Orang Tua, Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: kurangnya kedisiplinan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran perhatian orang tua pada peserta didik; (2) Gambaran kedisiplinan belajar dari peserta didik. (3) Hubungan perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar Peserta didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Pendekatan penelitian ini yaitu: kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional.  Populasi penelitian yaitu peserta didik Kelompok Al-Quran di TPA Mushalla Al-Hikmah Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu angket. Tekik analisis data berupa rumus persentase dan rumus pearson product moment correlation. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Perhatian orang tua pada peserta didik dikategorikan rendah; (2) Kedisiplinan belajar peserta didik pada peserta didik dikategorikan rendah; (3) Terdapat Hubungan yang sangat Signifikan antara Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis menggunakan rumus product moment bahwa nilai yaitu: rxy: 0,977 > 0,361, yang artinya terdapat hubungan.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Diana, N., & Solfema, S. (2024). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Jurnal Family Education, 4(1), 156-164. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.169