Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman

Authors

  • Novia Diana Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.169

Keywords:

Kedisiplinan, Perhatian, Orang Tua, Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: kurangnya kedisiplinan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran perhatian orang tua pada peserta didik; (2) Gambaran kedisiplinan belajar dari peserta didik. (3) Hubungan perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar Peserta didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Pendekatan penelitian ini yaitu: kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional.  Populasi penelitian yaitu peserta didik Kelompok Al-Quran di TPA Mushalla Al-Hikmah Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu angket. Tekik analisis data berupa rumus persentase dan rumus pearson product moment correlation. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Perhatian orang tua pada peserta didik dikategorikan rendah; (2) Kedisiplinan belajar peserta didik pada peserta didik dikategorikan rendah; (3) Terdapat Hubungan yang sangat Signifikan antara Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis menggunakan rumus product moment bahwa nilai yaitu: rxy: 0,977 > 0,361, yang artinya terdapat hubungan.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gusnita, A., & Solfema. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi Belajar

Anak di TPA/TPSA Musholah Nurul Huda Kampung Sungai Sirah Kec. Sutera Kab. Pesisir

Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 373–379.

Ishom, M. Y. (2008). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar terhadap

Kemampuan Membaca Al-Quran Santri TPQ Miftahul Jannah Beringin Indah Ngaliyan

Semarang. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Ismaniar, Utoyo, S., & Landa, K. S. (2023). Analysis of The Relevance of Application of

Behavioristic Theory in the Development of Positive Behavior in Early Childhood in the Era

of Information Technology. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 125–133.

Novi. (2015). Cara-Cara Mengasuh Anak yang Sering Diabaikan Orang Tua. Yogyakarta: Flash

Books.

Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia (RI) Nomor 55. (2007). Pendidikan Agama dan

Pendidikan Keagamaan. simpuh.kemenag.go.id.m https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pp_55_07.pdf

Pratiwi, N. (2022). Hubungan Intensitas Bimbingan Orang Tua dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo

Kecamatan Metro Barat. Skripsi. Universitas Lampung.

Rini, E. S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi

Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2), 1131–1149.

Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar. Bogor:

Guepedia.

Sopandi, D., & Sopandi, N. A. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas

X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sumarlin, S., & Solfema. (2023). Non-Formal Educational Interactions (Case Study of Ojek Kers)

in Panorama, Guguak Length District, Bukittinggi City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 223–226.

Sya’diyah, F. H. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap

Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran.

Idarotuna: Journal of Administrative Science, 1(1), 60–80.

Tu’u, T. (2014). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Diana, N., & Solfema, S. (2024). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Jurnal Family Education, 4(1), 156-164. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.169