Model Pembelajaran di Lembaga Rumah Qur’an Al-Uswah Padang (Studi Kasus pada Program Tahfidz/Tahsin Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Uswah Padang)

Authors

  • Ranti Afriyunita Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.162

Keywords:

Rumah Qur'an, Metode eliminasi, tahfidz Al-Qur'an

Abstract

Rumah Qur'an merupakan lembaga pendidikan nonformal yang membantu memberikan pendidikan dan pengetahuan agama serta etika dan moral kepada anak-anak. Rumah Qur'an Al-Uswah Padang merupakan salah satu bentuk lembaga pemberdayaan yang dikembangkan di masyarakat, Rumah Qur'an Al-Uswah Kota Padang mempunyai berbagai keunikan. Pertama, Rumah Qur’an Al-Uswah Kota Padang merupakan lembaga pendidikan nonformal yang hanya mengkhususkan diri pada pelatihan dan penghafalan Al-Qur’an, dimana dalam kegiatan pembelajarannya lembaga ini mengadakan tahfidz Al-Qur’an secara rutin setiap harinya. dengan kebijakan yang mencakup durasi belajar di setiap kelas. Kedua, sejak awal bergabung dengan lembaga tersebut, kedua orang tua mahasiswa akan diminta untuk menyetujui seluruh peraturan dan juga menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa mereka sangat sadar mendukung semua kegiatan di lembaga ini dan juga menaati semua instruksi dari pengurus/ pengelola jika ingin menjadi santri.. Ketiga, Rumah Qur'an Al-Uswah menerapkan metode Al-Uswah yaitu sistem metode eliminasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran, dimana metode eliminasi ini digunakan sebagai proses dalam penentuan izin siswa, jika siswa tidak memenuhi target atau otomatis tersingkir. atau dikeluarkan dari santri.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Afriyunita, R., & Ismaniar, I. (2024). Model Pembelajaran di Lembaga Rumah Qur’an Al-Uswah Padang (Studi Kasus pada Program Tahfidz/Tahsin Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Uswah Padang). Jurnal Family Education, 4(1), 199-2029. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.162