Model Pembelajaran di Lembaga Rumah Qur’an Al-Uswah Padang (Studi Kasus pada Program Tahfidz/Tahsin Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Uswah Padang)

Authors

  • Ranti Afriyunita Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.162

Keywords:

Rumah Qur'an, Metode eliminasi, tahfidz Al-Qur'an

Abstract

Rumah Qur'an merupakan lembaga pendidikan nonformal yang membantu memberikan pendidikan dan pengetahuan agama serta etika dan moral kepada anak-anak. Rumah Qur'an Al-Uswah Padang merupakan salah satu bentuk lembaga pemberdayaan yang dikembangkan di masyarakat, Rumah Qur'an Al-Uswah Kota Padang mempunyai berbagai keunikan. Pertama, Rumah Qur’an Al-Uswah Kota Padang merupakan lembaga pendidikan nonformal yang hanya mengkhususkan diri pada pelatihan dan penghafalan Al-Qur’an, dimana dalam kegiatan pembelajarannya lembaga ini mengadakan tahfidz Al-Qur’an secara rutin setiap harinya. dengan kebijakan yang mencakup durasi belajar di setiap kelas. Kedua, sejak awal bergabung dengan lembaga tersebut, kedua orang tua mahasiswa akan diminta untuk menyetujui seluruh peraturan dan juga menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa mereka sangat sadar mendukung semua kegiatan di lembaga ini dan juga menaati semua instruksi dari pengurus/ pengelola jika ingin menjadi santri.. Ketiga, Rumah Qur'an Al-Uswah menerapkan metode Al-Uswah yaitu sistem metode eliminasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran, dimana metode eliminasi ini digunakan sebagai proses dalam penentuan izin siswa, jika siswa tidak memenuhi target atau otomatis tersingkir. atau dikeluarkan dari santri.

References

Abidin, Y. (2016). Kemampuan Menulis Berbicara Akademik. Rizki Press.

Abin Syamsuddin Makmun. (2003). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya offset.

Farida Agus Setiawati. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini:

Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02,

–48.

Ideharmida, D., Solfema, S., & Irmawita, I. (2018). Pembelajaran Membaca Al-Quran bagi Orang

Dewasa (Studi Kasus pada Kelas Talaqqi Dasar dan Talaqqi Plus di Lembaga Pendidikan

Al-Quran Ash Habul Quran Kota Payakumbuh). SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar

Sekolah (PLS), 6(1), 22. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9465

Ismaniar, I. (2020). Model Pengembangan Membaca Awal Anak.

Koswara, D. D., & S. (2017). Pengelolaan Pendidikan (Bandung (ed.)). Upi Press.

Marhum, A. M. A., & Lasawali, A. A. (2022). Peran Rumah Qur’an Ihsan dalam Meningkatkan

Minat Belajar Membaca Al-Qur’an pada Anak di Kelurahan Tanamodindi Kota Palu.

Jurnal Kolaboratif Sains, 5(3), 146–154. https://doi.org/10.56338/jks.v5i3.2369

Marzuki, H. M. S. (2012). Pendidikan Non Formal Dimensi Dalam Keaksaraan

Fungsional,Pelatihan Dan Andragogi. PT.Remaja.

Nopaldi, A., & Setiawati, S. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Warga Binaan pada Keterampilan Menjahit di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi

Solok. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 400.

https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101463

Nurjayanti, D., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Program Taman

Pendidikan Alquran (Tpa) Untuk Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 8(2), 183.

https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.34631

Parihin, P., Ahmad, A., & ... (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Baca

Tulis Anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Jurnal Mengabdi …, 1(1), 23–30.

https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/article/view/3%0Ahttps://journal.mudab

erkarya.id/index.php/JMH/article/download/3/3

Sudrajat, A. (2008). Pengertian, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. Sinar Baru

Algensindo.

Trigunawan, I., & Solfema, S. (2021). Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar

Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Primadona Desa Cimparuh Kota

Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 343–346.

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/954

Wenisa, K., & Syuraini, S. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar

Santri Taman Pendidikan Al- Qur ’ an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2921–2926.

Yulidar, Y., Syuraini, S., & Ismaniar, I. (2018). Gambaran Minat Warga Belajar Mengikuti

Kegiatan Randai di Sanggar Seni Mustika Minang Duo Kota Pariaman. SPEKTRUM:

Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 245.

https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9489

Zawawie, M. (2011). P_M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, Dan Menghafal

Alqur’an. Tinta Medina.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Afriyunita, R., & Ismaniar, I. (2024). Model Pembelajaran di Lembaga Rumah Qur’an Al-Uswah Padang (Studi Kasus pada Program Tahfidz/Tahsin Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Uswah Padang). Jurnal Family Education, 4(1), 199-2029. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.162