PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL AL KAUTSAR 108 KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v3i4.141Keywords:
anak usia dini, anak, membaca anak, pendidikan anak usia dini.Abstract
Kemampuan membaca sangat penting bagi anak. Kemampuan membaca bertujuan untuk anak memahami informasi yang ada. Pengembangan kemampuan membaca anak awal anak haruslah dengan cara yang menarik. Sesuai dengan semboyan PAUD, bermain sambil belajara dan belajar seraya bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara sekolah dalam pengembangan kemampuan membaca anak. Dalam kegiatan pengembangan kemampuan membaca awal anak di sekolah mencapai tujuan instruksional dan memastikan antusiasme dari keikutsertaan anak dalam mengikuti kegiatan membaca. Guru harus memperlihatkan hal yang dlakukan dalam pengembangan kemampuan membaca anak . Metodolgi penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kulitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.
References
Anggraini, Vivi, dkk. 2019. Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau
Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No.2. E-ISSN: 2599-
X
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Firyati, Yulia Indah, dkk. 2017. Story Telling Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini.Jurnal
pendidikan anak. Vol. 2. No. 2.
Isna, A. 2019. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Perkembangan Bahasa Anak Dan Manajemen
Pendidikan Anak Usia Dini.
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana
Masnipal. 2018. Mnejadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mukhtar, dkk. 2013 Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu
Al-quran, Hadist, Syariah dan Tabiyah: Vol. 03. No.1
Nurwahyuni, Emil. Mahyuddin, Nenny. 2021. Penilaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun
Pada Masa New Normal Di Taman Kanak-kanak Ridhotullah Padang. Jurnal cikal cendikia. Vol. 02. No. 01.
Peraturan Menteri Pendidikan No. 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.
Sulistyawati, Elizabeth Eka.
Rakimahwati, dkk. 2018. Pelatihan pembuatan boneka jari bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca
anak usia dini kemacatan v koto kampong dalam kabupaten padang pariaman. Jurnal Pendidikan: Early
Childhoon Education. Vol 2 No 2b.
Sujarwo. 2016. Peninglatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disc Pada Anak Usia
Dini 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. 3(1). ISSN: 2355 - 2992.
Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.
Suryana, Dadan. 2016. Stimulus & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.
Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadya Fauzia Darma, Asdi Wirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.