PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL AL KAUTSAR 108 KOTA PADANG

Authors

  • Nadya Fauzia Darma Universitas Negeri Padang
  • Asdi Wirman Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i4.141

Keywords:

anak usia dini, anak, membaca anak, pendidikan anak usia dini.

Abstract

Kemampuan membaca sangat penting bagi anak. Kemampuan membaca bertujuan untuk anak memahami informasi yang ada. Pengembangan kemampuan membaca anak awal anak haruslah dengan cara yang menarik. Sesuai dengan semboyan PAUD, bermain sambil belajara dan belajar seraya bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara sekolah dalam pengembangan kemampuan membaca anak. Dalam kegiatan pengembangan kemampuan membaca awal anak di sekolah mencapai tujuan instruksional dan memastikan antusiasme dari keikutsertaan anak dalam mengikuti kegiatan membaca. Guru harus memperlihatkan hal yang dlakukan dalam pengembangan kemampuan membaca anak . Metodolgi penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kulitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.

References

Anggraini, Vivi, dkk. 2019. Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau

Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No.2. E-ISSN: 2599-

X

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Firyati, Yulia Indah, dkk. 2017. Story Telling Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini.Jurnal

pendidikan anak. Vol. 2. No. 2.

Isna, A. 2019. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Perkembangan Bahasa Anak Dan Manajemen

Pendidikan Anak Usia Dini.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana

Masnipal. 2018. Mnejadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mukhtar, dkk. 2013 Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu

Al-quran, Hadist, Syariah dan Tabiyah: Vol. 03. No.1

Nurwahyuni, Emil. Mahyuddin, Nenny. 2021. Penilaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun

Pada Masa New Normal Di Taman Kanak-kanak Ridhotullah Padang. Jurnal cikal cendikia. Vol. 02. No. 01.

Peraturan Menteri Pendidikan No. 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Sulistyawati, Elizabeth Eka.

Rakimahwati, dkk. 2018. Pelatihan pembuatan boneka jari bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca

anak usia dini kemacatan v koto kampong dalam kabupaten padang pariaman. Jurnal Pendidikan: Early

Childhoon Education. Vol 2 No 2b.

Sujarwo. 2016. Peninglatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disc Pada Anak Usia

Dini 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. 3(1). ISSN: 2355 - 2992.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.

Suryana, Dadan. 2016. Stimulus & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.

Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Fauzia Darma, N., & Wirman, A. (2023). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL AL KAUTSAR 108 KOTA PADANG. Jurnal Family Education, 3(4), 489-493. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i4.141