Pengembangan Konten Tiktok Kreatif Sejarah Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Sejarah

Authors

  • Ade Prima Putra Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.132

Keywords:

Konten tiktok kreatif sejarah , minat, media pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang berminat dalam belajar sejarah sehingga membuat pembelajaran sejarah menjadi kurang diminati oleh siswa SMA Negeri 7 Padang. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran konten tiktok kreatif sejarah yang bisa menambahkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah. Tujuan penelitain ini adalah (1) mengembangkan konten tiktok kreatif sejarah  sebagai media pembelajaran sejarah di SMA, (2) Mengukur kelayakan konten tiktok kreatif sejarah yang dikembangkan, (3) Mengukur kepraktisan konten tiktok kreatif sejarah yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model yang digunakan adalah model 4-D. Intrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Subjek uji kelayakan materi melibatkan dua  orang dosen departemen pendidikan sejarah yang memperoleh hasil skor 3,67 dengan kategori sangat layak, dan subjek uji kelayakan media melibatkan empat orang dosen departemen pendidikan sejarah dengan memperoleh skor 3,86 dengan kategori sangat layak, sehingga dapat disimpulkan konten tiktok kreatif sejarah sangat layak. Uji praktikalitas melibatkan dua objek penelitain yaitu guru sejarah yang memperoleh hasil skor  3,86 dengan kategori sangat praktis dan siswa SMA Negeri 7 Padang yang memperoleh skor  3,71 kategori sangat praktis sehingga konten tiktok kreatif sejarah  sangat praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Konten tiktok kreatif sejarah dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai media pembelajaran.

References

Basri, Iqrima. 2020. Bagaimana Sejarah Seharusnya diajarkan? (Sebuah Kajian Pemikiran

Pembelajaran Sejarah). Jurnal Kronologi. UNP. Vol. 2. No. 4.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Kustandi, Cecep dan Bambang, S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor :

Ghalia Indonesia.

Nugraha, Dadan dkk. (2022). Pengembangan Media Tik tok pada Mata Pelajaran IPS Perubahan

Sosial Budaya Sebagai Modernisasi Bangsa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Vol. 6. no.

Putra, ALin Rizkiyan.2020. Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia. Safitry , Martina, DKK.

Sejarah. Jakarta Selatan. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Putra, N. (2012). Research & Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putri, Afrilyza. dan Hastuti, Hera. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sejarah

yang Memuat Materi Kronologis. Jurnal vol. 2 No. 4

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surayya, Ely. 2012. Pengaruh Media Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal vol. 3.

Susanto, Heri & Akmal, Helmi. 2019. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi

(Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya). Banjarmasin: Program Studi

Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung

Mangkurat.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Putra, A. P., & Aisiah, A. (2023). Pengembangan Konten Tiktok Kreatif Sejarah Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Sejarah. Jurnal Family Education, 3(3), 376-383. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.132