Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Kelas IV SD

Authors

  • Gina Sonia Universitas Negeri Padang
  • Abna Hidayati Universitas Negeri Padang
  • Syafril Syafril Universitas Negeri Padang
  • Dedi Supendra Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.129

Keywords:

Media Video Pembelajaran, 4-D (Four Model), IPAS

Abstract

Berdasarkan observasi pada proses pembelajaran IPAS, permasalahan terkait ketidakpahaman materi siswa SDN 12 Tapi Selo kelas IV disebabkan pembelajaran yang monoton selain itu guru jarang menggunakan media saat kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan video edukasi sebagai sumber belajar yang dapat mewujudkan hal-hal nyata pembelajaran IPAS kelas IV untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model four D (4 D). Penelitian ini terdiri dari 6 fase, yaitu. mendefinisikan, merancang, mengembangkan, menyebarluaskan. Uji validitas media dilakukan oleh tiga ahli yaitu validator materi guru IPAS SDN 12 Tapi Selo dan dua validator media dari dosen Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang. Ujian praktikalitas dilaksanakan untuk peserta didik kelas IV SDN 12 Tapi Selo. Berdasarkan penilaian validator media dan materi, hasil validasi materi 97,5% tergolong “Sangat Valid”, 99% hasil validasi media I tergolong “Sangat Valid” dan 95,8% hasil validasi materi II tergolong “Sangat Valid”. Media video ini tergolong “sangat praktis” dengan nilai 96,9%.

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Azzahrah, S.F., Khaerudin,K., &Utomo,E. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media muraja’ah Al-Qur’an bagi siswa SD. In: Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1(1), 76-81.

Edwar, Z.S., Ardie, R., & Nulhakim, L. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1), 498-507.

Hidayati, A. (2019). The analysis of influencing of learning styles, teacher’s perceptions and the availability of learning resources in elementary schools in padang, West Sumatera. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012149.

Hidayati, A. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kartun Animasi Pada Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Innovation Technology Education, 2(2).

Hidayati, A., Amilia, W., Amsal, F.M. (2018). Need Analysis of Media Video Development for Character Education at Early Childhood Education in Padang. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR),169, 108-110. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.26.

Hidayati, A., Bentri, A. (2019). Interactive Media Design Based on Inquiry for Early Age Children. In International Conference on Education Technology (ICoET 2019) (pp.131-133). Atlantis press.

Hidayati, Abna., Bentri, Alwen., Rahmi, Ulfia. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Bagi Anak Usia Dini (Usia 4-6) Tahun di Kota Padang.

Hidayati, Abna., Bentri, Alwen., Supendra, Dedi. (2018). Analysis of the factors affecting the effectiveness of character-based instructional video implementation to early childhood education in padang. Technology, 1(1), 14-17.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research & Development).

Rijal, A., & Egok, A.S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi PQ4R di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(02), 572-581.

Rohmah, P. N., Hidayat, S., Pamungkas, A. S., & Wilujeng, H. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Stop Motion dengan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2).

Rusidi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Supendra, D., Maiziani, F. (2021). Validasi Pengembangan Media Edukasi Protokol Covid Berbasis Sablon Dalam Bentuk Puoch Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(01), 79-90.

Syafril & Sari,D.A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Bagi Peserta Didik. Innovation Technology Education, 3(02).

Syafril. (2010). Statistika. Padang. Suka Bina Press.

Warsita, B. (2017). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wisada, P.D., & Sudarman,I.K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal Of Education Technology, 3(03), 140-146.

Yusnan, M., & Safiuddin. (2021). Pengaruh Media Audiovisual dengan Menggunakan Wondershare Filmora dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 6–10.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Sonia, G., Hidayati, A., Syafril, S., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Kelas IV SD. Jurnal Family Education, 3(3), 310-320. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.129