Validitas Isi Instrumen Pengukuran Literasi Sejarah

Authors

  • Feby Valentina Sahra Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.127

Keywords:

Validitas Isi, Literasi Sejarah, Instrumen Pengukuran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengestimasi validitas isi instrumen pengukuran literasi sejarah. Komponen instrumen pengukuran literasi sejarah ada 2 yaitu: 1) pengetahuan sejarah, dan 2)  pemahaman konsep. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Sumber data validitas isi instrumen berasal dari penilaian validaro yang berjumlah 5 ahli yaitu ahli materi, ahli metodologi evaluasi dan ahli Bahasa. Data validitas isi instrumen literasi sejarah dikumpulkan menggunakan lembar validasi dalam bentuk skala likert dengan empat kategori; sangat baik, baik, kurang baik dan jelek. Data skor penilaian oleh lima orang validator dianalisis dengan menggunakan formula Aiken’V. Hasil analisis validitas isi instrumen pengukuran literasi sejarah diperoleh indek sebesar 0,88 > 0,87 dengan kategori valid. Dengan demikia disimpulkan bahwa instrumen pengukuran literasi sejarah dari segi isi atau konten tergolong valid

References

Aisiah, A. (2021). Identifikasi Level Historical Empathy Mahasiswa Jurusan Sejarah Ditinjau dari Aspek Konteks Sejarah. Jurnal Kronologi, 3(1), 119-127.

Chatarina Ginong Prathidhina, 2018 yang berjudul “implementasi pembelajaran literasi ddalam mata pelajaran sejarah Indonesia di SMAN 11 yogyakarta

Clifford, G. J. (1984). Buch und Lesen: Historical Perspectives on Literacy and Schooling. Review of Educational Research, 254(2), 168–181.

Garvey, B dan Krug, M (2015). Model-model pembelajaran sejarah di sekolah menengah. Yogyakarta :ombak

Dra. Tina Saro Barumun,2010 yang berjudul “implementasi literasi sejarah dalam pembelajaran sejarah pada masa pembelajaran daring di SMA 6 padangsidipuan”.

Hariyono. (1995) Mempelajari Sejarah secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya

Heri Susanto (2018) seputar pembelajarn sejarah (isu,gagasan, strategi pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Indrayani, R., & Hastuti, H. (2022). Implementasi Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Kronologi, 4(3), 299–310.

Jeffery D Nokes. 2011. “Historical Literacy”

Lee, P. (2004). Historical Literacy: Theory and Research. Internasional Journal of Historical Learning, Teaching and Research.

Maposa, M., Wassermann, J., & Education, H. (2020). Conceptualising historical literacy. December 2008, 1–28.

Mardalis, Metode Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Moh Nazir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003)

Pratidhina, C. G. (2018). Implementasi Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Di SMA Negeri 11 Yogyakarta. 3.

Scheiber, 1978. Buch und Lesen: Historical Perspectives on Literacy and Scooling, journal Articele.

Stephanie M. Bennett. (2014:53) “Teachers’ beliefs and implementation of historical literacy pedagogy in three Advanced Placement United States History

Wineburg, S., & Reisman, A. (2015). Disciplinary literacy in history: A toolkit for digital citizenship. Journal of Adolescent & Adult Literacy

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Valentina Sahra, F., & Aisiah, A. (2023). Validitas Isi Instrumen Pengukuran Literasi Sejarah. Jurnal Family Education, 3(3), 328-334. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.127